AWAS BAHAYA NARKOBA MENGINTAI ANAK MUDA!!! MAHASISWA UNDIP GANDENG BHABINKAMTIBMAS BERIKAN SOSIALISASI NARKOBA DI DESA DEMANGAN

Sambi, Boyolali (01/08/2022) – Narkotika adalah zat atau obat baik yang bersifat alamiah, sintetis, maupun semi sintetis yang menimbulkan efek penurunan kesadaran, halusinasi, serta daya rangsang. Sementara menurut UU Narkotika pasal 1 ayat 1 menyatakan bahwa narkotika merupakan zat buatan atau pun yang berasal dari tanaman yang memberikan efek halusinasi, menurunnya kesadaran, serta menyebabkan kecanduan. Obat-obatan tersebut dapat menimbulkan kecanduan jika pemakaiannya berlebihan. Pemanfaatan dari zat-zat itu adalah sebagai obat penghilang nyeri serta memberikan ketenangan. Penyalahgunaannya bisa terkena sanksi hukum. Peredaran dan dampak narkoba saat ini sudah sangat meresahkan. Mudahnya mendapat bahan berbahaya tersebut membuat penggunanya semakin meningkat. Tak kenal jenis kelamin dan usia, semua orang berisiko mengalami kecanduan jika sudah mencicipi zat terlarang ini. Bahaya narkoba bagi kesehatan adalah dehidrasi, halusinasi, menurunnya tingkat kesadaran bahkan kematian.

Rama-4
Rama-3

Melihat tingginya kasus penyalahgunaan narkoba di indonesia yang sangat tinggi, maka Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro TIM II Tahun 2021/2022 menggandeng Bhabinkamtibmas melaksanakan penyuluhan mengenai bahaya narkoba kepada pemuda Desa Demangan yang dilakukan menggunakan media power point serta pamflet sebagai media pendukung. Materi yang disampaikan dalam edukasi ini mengenai pengertian narkoba, macam-macam narkoba, bahaya narkoba serta cara menghindari narkoba.
Dengan adanya kegiatan sosialisasi ini, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat terkait bahaya penggunaan narkoba serta mencegah penyalahgunaan narkoba terutama pada generasi muda sehingga dapat menciptakan masyarakat Desa Demangan yang bebas narkoba.

#KKNtimIIperiode2022 #p2kknundip #lppmundip #undip
Penulis : Rama Sinatria Wisesa (Mahasiswa S1-Teknik Mesin, KKN TIM II UNDIP)
Dosen Pembimbing : Dr. Khairul Anam, S.Si., M.Si.
Lokasi KKN : Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali