Cegah Stunting, Mahasiswa KKN TIM II UNDIP adakan Edukasi mengenai Pemenuhan Gizi yang Tepat Sejak Dini pada Warga Kelurahan Cabean

STUNTING-2-page-0001
https www google gambar com

Whats-App-Image-2022-08-12-at-07-40-55

Cabean (15/7) – Indonesia merupakan salah satu negara dengan masalah gizi yang beragam. Sejumlah penelitian turut menyebutkan bahwa masalah gizi di Indonesia cenderung meningkat. Salah satu permasalahan gizi yang cukup umum dan belum terselesaikan di Indonesia ialah stunting.

Menurut World Health Organization (WHO), stunting adalah gangguan perkembangan pada anak yang disebabkan oleh gizi buruk, infeksi yang berulang, dan simulasi psikososial yang tidak memadai. Data prevalensi balita stunting yang dikumpulkan World Health Organization (WHO), Indonesia termasuk ke dalam negara ketiga dengan prevalensi tertinggi di regional Asia Tenggara, dengan rata-rata prevalensi balita stunting di Indonesia tahun 2005-2017 adalah 36,4%. Berdasarkan hasil survei lapangan diketahui bahwa di Kelurahan Cabean sendiri terdapat 2 kasus stunting yang telah ditemukan.

“Di Kelurahan Cabean ini masalah stuntingnya ada 2 kasus. Pertama ada di RT 07/RW 02 dan RT 11/RW 01”, tutur Bapak Suci Warno selaku Lurah di Cabean. Dari pejabat Kelurahan Cabean sendiri pun telah melakukan beberapa upaya untuk mengatasi stunting itu sendiri yang mana setiap harinya pihak kelurahan memberikan bantuan asupan makanan sehari-hari kepada anak penderita stunting.

Mahasiswa KKN TIM II UNDIP 2021/2022 melakukan edukasi kesehatan mengenai pentingnya pemenuhan gizi yang tepat sejak dini untuk mencegah kejadian stunting pada anak. Edukasi mengenai pencegahan stunting ini digelar tepatnya di SD Kanisius Cabean pada Jumat 15 Juli 2022 lalu pukul 17.00 WIB dan dihadiri cukup banyak peserta posyandu yaitu ibu-ibu yang masih memiliki balita ataupun ibu usia produktif. Meskipun dilakukan pada sore hari, namun tanggapan dari peserta posyandu serta antusiasme warga Cabean terbilang sangat tinggi dan positif. Edukasi mengenai pencegahan stunting melalui pemilihan gizi yang tepat sejak dini dilakukan sebagai bentuk aksi nyata yang dilakukan mahasiswa guna mengentaskan permasalahan yang dihadapi oleh warga di Kelurahan Cabean.

Dilakukannya edukasi terkait pemilihan gizi yang tepat sejak dini diharapkan dapat mencegah dan mengatasi kejadian stunting yang ada khususnya di kelurahan Cabean. Edukasi ini juga diharapkan dapat memberikan wawasan atau pengetahuan baru masyararakat mengenai pencegahan stunting dan dapat menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran masyarakat agar lebih memperhatikan asupan gizi pada anak.

Penulis : Viesensa Situmeang
Dosen Pembimbing : Dr. Drs Suroto., M.Kes.
Lokasi KKN : SD Kanisius Cabean (Jl. Puspanjolo Timur II/21), Kelurahan Cabean, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah 50141.