Tingkatkan Strategi Marketing UMKM, Mahasiswa KKN UNDIP Sosialisasikan Pentingnya Packaging yang Menarik

Whats-App-Image-2022-08-12-at-11-58-10

(Mahasiwa berfoto bersama peserta sosialisasi dengan output berupa contoh packaging)

Tegalsari, Semarang (29/07/2022) – Persaingan industri yang semakin ketat saat ini menjadi tantangan besar bagi pemilik UMKM di Indonesia. Saat ini perkembangan UMKM tercatat lebih dari 65 juta UMKM yang tersebar di Indonesia. Pada 2016, tercatat ada 61,7 juta UMKM di Indonesia dengan jumlah yang terus meningkat hingga tahun 2021, jumlah UMKM mencapai 64,2 juta. Oleh karena itu, para pemilik usaha harus menysun staretgi agar produknya tampak lebih menarik dan berbeda dari para kompetitor.

Melihat bahwa kesan pertama adalah hal yang penting membuat kemasan pada produk UMKM menjadi esensi utama dalam suatu produk. Fungsi kemasan atau packaging ini sendiri tidak hanya menjaga produk tetap aman, melainkan juga menjadi daya tarik bagi pelanggan. Kemasan yang menarik dan unik bahkan bisa menjadi identitas dari merek itu sendiri dan diingat oleh banyak pelanggan. Karena hal inilah mendorong Mahasiswa KKN TIM 2 UNDIP untuk membuat program Sosialisasi Pentingnya Packaging dalam Meningkatkan Strategi Marketing UMKM.

Whats-App-Image-2022-08-12-at-11-58-08-1

(Pelaksanaan Sosialisasi Pentingnya Packaging dalam Meningkatkan Strategi Marketing UMKM)

Program ini dilaksanakan pada hari Jumat, 29 Juli 2022. Pelaksanan program monodisiplin 2 ini ditujukkan kepada pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) dan Ibu PKK RW 08 Kelurahan Tegalsari. Program ini juga selaras dengan SDGs tujuan ke-8 yaitu pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi Materi yang dijelaskan dalam sosialisasi diantaranya adalah apa itu packaging, atribut dalam packaging, peran packaging dalam strategi marketing, cara membuat packaging yang menarik, serta contoh-contoh packaging. Mahasiswa juga memberikan bentuk fisik berupa contoh packaging produk sebagai referensi dalam membuat atau memilih packaging yang baik.

Whats-App-Image-2022-08-11-at-16-09-07

(Contoh output packaging produk)

Program ini dihadiri oleh kurang lebih 25 orang peserta. Secara keseluruhan, program ini terlaksana dengan baik dan lancar dengan para pelaku UMKM yang sangat antusias dalam sesi tanya jawab mengenai materi yang disampaikan.

Diharapkan dengan adanya program ini, para UMKM di wilayah RW 08 Kelurahan Tegalsari lebih teredukasi dan memahami pemilihan packaging yang menarik sebagai langkah untuk meningkatkan strategi marketing.

Penulis: Amanda Rizkya Putri (S1 Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik)
DPL: Heri Sugito, S.Si., M.Sc
Lokasi: Kelurahan Tegalsari, Kecamatan Candisari, Kota Semarang