Diversifikasi, Jawaban dari penantian Panjang UMKM di Tasikharjo

REMBANG (11/08) – UMKM adalah unit usaha produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perorangan atau badan usaha di semua sektor ekonomi. Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sangat penting dan strategis dalam mengantisipasi perekonomian kedepan terutama dalam memperkuat struktur perekonomian nasional. UMKM yang ada di Desa Tasikharjo umumnya menjadi tulang punggung keluarga bagi masyarakat desa Tasikharjo. Hal ini menunjukkan bahwa UMKM menjadi sumber pendapatan utama mereka.

Whats-App-Image-2022-08-12-at-1-22-25-PM

Diversifikasi atau penganekaragaman adalah suatu cara untuk mengadakan lebih dari satu jenis barang/komoditi yang dikonsumsi. Pada usaha Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Desa Tasikharjo ini hanya memiliki beberapa varian dalam produknya. Dalam varian tersebut hanya mampu dijangkau segmen pasar rumahan tertentu saja. Sedangkan untuk kemasan yang lebih ekonomis belum tersedia. Selain itu, tidak terdapat juga varian rasa lain. Pada produk tersebut hanya ada varian produk original saja.
Untuk itu, diperlukan Diversifikasi produk bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Desa Tasikharjo tersebut. Sehingga segmen pasarnya tidak terpaku hanya pada segmen pasar itu saja. Ketika segmen pasarnya menjadi luas tentunya akan membuat permintaan produk akan menjadi besar. Dengan permintaan produk yang besar tentunya akan membuat perekonomian dari UMKM tersebut akan berputar.
Tim Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II Universitas Dopinegoro, Igas Aji Purnomo, dalam rangka melaksanakan kegiatan KKN di desa Tasikharjo, Kecamatan Kaliori, Kabupaten Rembang, melakukan program kerja Diservikasi Produk UMKM yang ada di Desa Tasikharjo. Program kerja tersebut merupakan upaya untuk menciptakan varian lain dari produk UMKM yang sudah ada.

Whats-App-Image-2022-08-12-at-1-22-28-PM

“Produk UMKM yang ada disini Cuma hanya memiliki satu varian saja. Untuk varian lain belum ada. Hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan untuk melakukan inovasi produk “ Ujar Mujiati (Pemilik UMKM terasi)
Dari rangkaian program kerja diversivikasi produk ini mendapatkan respons yang positif dari para pemilik UMKM. Para Pemilik UMKM sangat berantusias dalam pelaksanaan program kerja ini. Mereka berusaha untuk menemukan inovasi produk mereka. Inovasi yang mereka lalukan disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan pasar. Selain itu, harapannya produk ini mampu menciptkan segmen pasar yang baru.
Terkait dengan keberlanjutan program ini para pemilik UMKM harus tetap konsisten dalam meproduksi produk hasil diversifikasi. Sehingga hasil inovasi yang telah ditemukan mampu konsisten menjangkau pasar yang dituju. Selain itu, harapnya dengan meningkatnya jangkauan pasar yang mampu dijangkau oleh UMKM akan mampu meningkatkan perekonomian pemilik UMKM dan berdampak juga pada ekonomi warga sekitar.

Penulis: Igas Aji Purnomo 12010119130252 (FEB – Manajemen)
DPL: Dra. Dewi Rostyaningsih, M.Si
Lokasi: Desa Tasikharjo, Kec. Kaliori, Kab. Rembang, Jawa Tengah