Dongkrak Penjualan dan Branding Awareness UMKM, Mahasiswa KKN UNDIP Tim II Gelar Pendampingan Pemasaran Produk Secara Digital dengan Shopee
Pendampingan UMKM dalam Kegiatan Pemasaran Produk Melalui Shopee (Sumber: dok. pribadi)
Semarang (7/8/2022) – Era modern seperti pada saat ini hampir semua kegiatan manusia memanfaatkan teknologi digital untuk menunjang pekerjaan dan mengefisienkan waktu. Hal tersebut juga dimanfaatkan dalam bidang ekonomi, para pelaku usaha memanfaatkan platform digital untuk memperkenalkan dan memasarkan produknya.
UMKM yang terdapat di Kelurahan Mlatiharjo memproduksi berbagai produk mulai dari pangan dan non pangan seperti kerajinan tangan. Proses pemasaran produk UMKM di Kelurahan Mlatiharjo sebagian masih menggunakan media komunikasi biasa seperti melalui WhatsApp dan memasarkan produknya secara langsung dan belum merambah ke dunia digital sehingga masih banyak UMKM Mlatiharjo yang pemasaran produknya belum meluas. Berdasarkan kegiatan wawancara kepada 8 pemilik UMKM di RW 02 Kelurahan Mlatiharjo, terdapat 4 UMKM yang pemasarannya masih melalui media komunikasi seperti WhatsApp dan dipasarkan secara offline di outlet.
Salah satu solusi yang dilakukan oleh Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II Undip Tahun 2022, Irfany Amelia Putri di bawah bimbingan Ibu Dr. Cahya Tri Purnami, S.KM., M.Kes. mengadakan pendampingan dalam pemasaran produk menggunakan aplikasi Shopee pada pelaku UMKM di Kelurahan Mlatiharjo. Pendampingan ini diselenggarakan bertujuan untuk memberikan informasi dan edukasi terkait pendaftaran dan pembuatan toko di Shopee, serta cara mengoptimalisasi sistem pemasaran secara digital pada UMKM di Kelurahan Mlatiharjo sehingga tingkat produksi UMKM lebih meningkat.
Penyampaian Materi (Sumber: dok. pribadi)
Program pendampingan penggunaan aplikasi Shopee pada pelaku UMKM dilaksanakan secara luring yang berlokasi di UMKM Lucida. Kegiatan ini dihadiri oleh para pemilik UMKM di RW 02 Kelurahan Mlatiharjo. Bentuk pendampingan yang dilaksanakan yaitu pemaparan materi mengenai langkah-langkah pendaftaran akun atau toko di Shopee, strategi pemasaran digital, keuntungan berjualan di Shopee, dan tips agar permintaan produk meningkat yang mana materi disajikan dalam sebuah leaflet untuk memudahkan audience dalam memahami materi. Kegiatan selanjutnya yaitu pendaftaran toko di Shopee oleh para pelaku UMKM dengan handphone masing-masing.
Program ini diharapkan dapat memberikan dorongan kepada para pelaku UMKM di Kelurahan Mlatiharjo untuk memasarkan produknya secara digital agar dapat mendongkrak penjualan dan meningkatkan branding awareness produk. Adanya program ini, para pelaku UMKM mengaku terbantu karena sudah diberikan penjelasan mengenai penggunaan aplikasi Shopee sekaligus manfaat dan fitur-fitur yang tersedia pada platform tersebut.
Penulis : Irfany Amelia Putri (Teknologi Hasil Perikanan/Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan)
Dosen Pendamping Lapangan : Dr. Cahya Tri Purnami, S.KM., M.Kes.
Lokasi : Kelurahan Mlatiharjo, Kecamatan Semarang Timur, Kota Semarang