Visualisasi Kreatif Menggugah Minat Target Pasar Membeli Produk Umkm Masa Kini

Semarang (10/9) – Saat ini media informasi berkembang dengan cepat dan memiliki ruang lingkup yang sangat luas, sekaligus dapat diterima dan disalurkan dengan sangat mudah, terlebih lagi dengan adanya berbagai macam aplikasi yang dibuat untuk mempublikasikan suatu pesan dengan cepat dan tanpa adanya batasan. Saat ini hampir semua pihak dari umur anak-anak sampai dewasa sudah memiliki gawai dan seiring dengan berjalannya waktu akan menjadi kebutuhan pokok yang harus mereka miliki. Dengan adanya hal ini akan membuat ketimpangan antara seseorang yang terbiasa menggunakan gawai dan tidak terbiasa menggunakan gawai, sehingga lebih memlih untuk mencari informasi secara konvensional yang memiliki bentuk fisik yang dapat dilihat secara langsung.

Afi Dokumentasi hasil booklet dan stiker untuk diserahkan kepada Ibu Estrin

Mahasiswa Universitas Diponegoro dari Jurusan D4 Informasi dan Hubungan Masyarakat fakultas Sekolah Vokasi yang menjadi bagian dari Tim II KKN UNDIP 2021/2022 telah melaksanakan salah satu program kerja monodisiplin mengenai Branding dan Promosi Keberlanjutan Untuk UMKM di Desa Jatingaleh yang dapat dilakukan secara offline dan online.

Program kerja monodisiplin memilih salah satu UMKM yang dimiliki oleh Ibu Estrin dengan menjual berbagai macam snack manis, gurih dan makanan berat. Pelaksanaan program ini dilakukan pada hari Rabu, 10 Agustus 2022. Tujuan dari program ini yaitu untuk melakukan rebranding produk makanan yang dimiliki oleh Ibu Estrin dengan melakukan secara offline melalui booklet dan secara online dengan memanfaatkan media sosial.

Afi-2 Pemberian hasil output program dalam bentuk booklet kepada Ibu Estrin

Alasan program ini direalisasikan karena program branding ini menjalankan Sosial Development Goals nomor 17 yaitu kemitraan untuk mencapai tujuan. Mungkin saat ini melakukan promosi sangat mudah tetapi teknik yang dilakukan kurang tepat. Dalam dunia Komunikasi hal ini termasuk kedalam komunikasi pemasaran yang harus disesuaikan dengan target pasar, sehingga produk yang dijual dapat mengalami peningkatan. Bu Estrin menyampaikan “Target pasar saya memang sebagian besar ibu rumah tangga, tetapi dengan adanya desain booklet yang baru ini, dapat menarik minat anak muda untuk membeli produk makanan saya dan dapat dikenal lebih luas lagi”

Afi-3
Hasil desain booklet brand UMKM Selera Snack

Cara yang sesuai untuk menarik minat target pasar yaitu mengetahui apa yang dibutuhkan dan yang disukai oleh target pasar, selain itu promosi produk harus seimbang menampilkan dengan booklet dan media online. Karena kelebihan dari promosi melalui booklet yaitu target pasar dapat langsung melihat tanpa harus menggunakan perantara seperti gawai dan hal ini masih dilakukan oleh masyarakat dan untuk media online di sesuaikan dengan target pasar yang menyukai pembelian produk secara online.

Dengan adanya program branding ini diharapkan penjualan produk UMKM miliki Ibu Estrin semakin meningkat dan respon yang diberikan oleh konsumen baik, sehingga dapat meningkatkan perekonomian secara berkala dan dapat menginspirasi berbagai macam UMKM untuk mulai melakukan branding produk secara offline dan online.

Afiat Naila Salsabila – Informasi dan Hubungan Masyarakat 2019
Dosen Pembimbing: Farid Agushybana S.KM., DEA., Ph.D
Kelurahan Jatingaleh, Kecamatan Candi Sari, Kota Semarang, Jawa Tengah
KKN UNDIP Tim II Periode 2021/2022