ASYIK!! Mahasiswa Tim II KKN Undip Mengajak Siswa TK Belajar Mengenali Ekspresi Wajah melalui Permainan Anak yang Kreatif

369759

Kesiman Kertalangu – Sejak ditetapkannya COVID-19 sebagai pandemi, pendidikan menjadi salah satu aspek kehidupan yang mengalami dampaknya dan perubahannya sangat terasa. Pembelajaran secara online atau daring (dalam jaringan) pada akhirnya menjadi solusi untuk menjaga kesehatan dan keamanan pelajar serta tenaga pendidik. Salah satu dampak negatif dari pembelajaran daring yang kerap dikeluhkan oleh para orang tua siswa dan juga tenaga pendidik adalah kurangnya konsentrasi dari siswa ketika proses belajar mengajar berlangsung. Akan tetapi, di tahun 2022 ini sudah banyak sekolah yang mulai melaksanakan pembelajaran secara luring (luar jaringan) dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang membuat para pelajar serta tenaga pendidik harus beradaptasi lagi guna menemukan metode yang tepat untuk proses belajar mengajar setelah 2 tahun belajar secara online. Maka dari itu, diperlukan cara kreatif yang dapat membuat proses belajar mengajar menjadi lebih mengasyikan untuk diikuti.

LINE-ALBUM-day-22-220801-3

Melalui kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Tim II Undip periode 2022, mahasiswa yang melakukan kegiatan KKN nya di Bali memberikan program berupa “Pengembangan Kemampuan Kognitif dan Sosio Emosional melalui Permainan Kreatif pada Anak untuk Pendidikan Berkualitas”, dimana program ini mendukung SDG’s nomor 3 mengenai hidup sehat dan sejahtera serta SDG’s nomor 4 terkait pendidikan berkualitas. Program yang disusun oleh Ni Made Ayu Candra Dewi ini diberikan kepada siswa TK Putra Budaya yang diikuti kurang lebih oleh 25 orang siswa dan berhasil dilaksanakan pada Selasa, 26 Juli 2022. Program dilakukan dengan menggunakan media flash card yang berisi beragam ekspresi wajah beserta nama dari setiap ekspresi wajah dengan tampilan yang menarik dan mudah dipahami oleh anak usia dini. Selama pengenalan ekspresi wajah dilakukan, diberikan juga pemahaman kepada siswa TK mengenai cara untuk menyikapi dan menanggapi apa yang tengah dialami oleh orang lain setelah mereka berhasil mengenali ekspresi wajah yang ditampilkan individu lain. Lalu untuk mengetahui pemahaman yang berhasil ditangkap oleh siswa TK, mereka juga diberikan satu lembar kertas yang berisi beberapa ragam ekspresi wajah beserta nama ekspresinya yang masih ditulis dengan garis putus-putus. Dengan diberikannya latihan soal, siswa TK diajak untuk berlatih mengenali dan menamai ekspresi wajah bersama-sama. Melalui program ini, anak diharapkan dapat terbantu dalam proses perkembangan kemampuan kognitif dan sosio emosionalnya sehingga kedepannya mereka dapat menumbuhkan rasa empati serta mengetahui bagaimana cara bersikap ketika dihadapkan dengan berbagai emosi yang ditampilkan oleh orang-orang disekitarnya melalui ekspresi wajah.

LINE-ALBUM-day-22-220801-2

Penulis : Ni Made Ayu Candra Dewi | Psikologi 2019
Dosen Pembimbing Lapangan : Rabith Jihan Amaruli, S.S., M.Hum.