Awas Stunting !!! Mahasiswa TIM II KKN Undip Ajak Ibu Hamil di Desa Puyoh Cegah Stunting Sejak Dini!!!

IMG-20220720-090713

Kudus (12/08/2022) – Mahasiswa KKN TIM II Undip mengajak ibu-ibu hamil untuk mencegah stunting sedini mungkin. Stunting itu apa sih? Stunting adalah kondisi gagal tubuh pada anak balita (Bayi dibawah 5 tahun) akibat dari kekurangan gizi kronis sehingga anak terlalu pendek untuk usianya. Terdapat ciri-ciri dari anak yang terkena stunting diantaranya tinggi badan anak lebih pendek dari anak seusianya, berat badan anak lebih rendah dari anak seusianya, dan pertumbuhan tulang tertunda. Oleh karena hal tersebut, mahasiswa KKN TIM II Undip mengadakan sosialisasi terkait pencegahan stunting.
Kegiatan sosisalisasi ini dilaksanakan pada 20 Juli 2022 di Balai Desa Puyoh. KKN TIM II Undip berkolaborasi dengan pihak desa dan Puskesmas Dawe. Dalam sosialisasi ini TIM KKN Undip menyampaikan terkait bagaimana proses terjadinya stunting, penyebab stunting, dampak jangka pendek dan dampak jangka panjang, serta upaya pencegahannya. Dalam penyampaian sosialisasi didukung dengan adanya poster serta dibagikannya brosur terkait stunting kepada seluruh ibu hamil yang menghadiri kelas ibu hamil tersebut.
Kegiatan sosialisasi terkait pencegahan stunting tersebut berjalan dengan lancar dan penuh antusias dari ibu hamil. Dimana para ibu hamil dapat mencegah sedini mungkin agar generasi bangsa nantinya gizinya tercukupi. Sinergi antara KKN Tim II Undip, Bidan Desa, dan Perwakilan pihak Puskesmas Dawe terjalalin dengan baik dapat dilihat dari penjelasan lebih lanjut terkait stunting oleh perwakilah pihak puskesmas dan adanya sesi tanya jawab yang responsif. Diharapkan dengan adanya sosialisasi pencegahan stunting tersebut berbagai pihak dapat lebih memperhatikan terkait sanitasi, gizi, dan faktor-faktor lainnya pada anak.

Penulis
Kelompok KKN TIM II Kecamatan Dawe

DPL: Hartanti Sandi Wijayanti, S.Gz., M.Gizi.

Lokasi: Desa Puyoh Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus