Mahasiswa KKN Undip Berikan Sosialisasi Penerapan Strategi Pemasaran 4P pada UMKM di Desa Kenoyojayan

4-PKK-Penyampaian-Materi

Penyampaian Materi Strategi Pemasaran 4P

Desa Kenoyojayan, Kebumen (12/08/2022) KKN Tim II Undip 2021/2022 telah melaksanakan kegiatan sosialisasi penerapan Strategi Pemasaran 4P pada UMKM emping dan UMKM rengginang. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis (04/08/2022) yang dilaksanakan di rumah Ibu Atun sebagai pemilik UMKM. Selanjutnya sosialisasi pada UMKM rengginang dilaksanakan di rumah Ibu Ratemi sebagai pemilik UMKM. Pada hari selanjutnya, Jumat (05/08/2022) dilakukan sosialisasi pada UMKM budidaya udang. Kegiatan sosialisasi pada UMKM budidaya udang dilaksanakan di balai Desa Kenoyojayan, dikarenakan pemilik UMKM yaitu Ibu Warni juga menjabat sebagai perangkat Desa Kenoyojayan. Dalam memberikan sosialisasi juga ditujukan kepada ibu-ibu PKK yang dilaksanakan pada hari Sabtu (06/08/2022). Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan di aula balai Desa Kenoyojayan.

Mayoritas UMKM di Desa Kenoyojayan dalam melakukan pemasaran masih konvensional, dimana mayoritas dijual ke pengepul sehingga mendapatkan harga yang lebih murah. Selain itu, variasi produk juga masih terbatas sehingga menjadi tantangan bagi mahasiswa KKN Undip untuk meningkatkan pemasaran UMKM dengan Strategi Pemasaran 4P untuk meningkatkan daya tarik konsumen dan mendapatkan harga yang lebih tinggi. Oleh karena itu, mahasiwa KKN Undip ingin memberikan sosialisasi kepada beberapa UMKM emping, rengginang, dan budidaya udang terkait strategi pemasaran yang lebih baik yaitu Strategi Pemasaran 4P. Pemberian sosialisasi juga diberikan kepada ibu-ibu PKK.

Sosialisasi Strategi Pemasaran 4P dilakukan kepada masyarakat melalui kegiatan PKK dan juga pemberian edukasi door-to-door terkait perbaikan pemasaran kepada beberapa UMKM. Dalam melakukan sosialisasi, mahasiswa KKN Undip memberikan edukasi mengenai Strategi Pemasaran 4P yang mencakup pengertian, pentingnya menerapkan strategi, komponen strategi, contoh penerapan, dan juga manfaat dari penerapan strategi tersebut. Sosialisasi ini memiliki tujuan yaitu untuk menyelesaikan permasalahan yang ada terkait harga yang masih cukup rendah dikarenakan dijual ke pengepul dan juga kurangnya variasi produk. Sebagai pendukung dalam melakukan sosialisasi kepada ibu-ibu PKK, mahasiswa KKN Undip juga menampilkan video pendukung mengenai penerapan Strategi Pemasaran 4P. Dengan adanya video ini, membuat ibu-ibu PKK terlihat antusiasme dan semangat dalam mengikuti keberjalanan sosialisasi ini.

1-UMKM-Emping

Foto Bersama Pemilik UMKM Emping

2-UMKM-Rengginang

Foto Bersama Pemilik UMKM Rengginang

3-UMKM-Budidaya-Udang

Foto Bersama Pemilik UMKM Budidaya Udang

Dengan adanya program ini, mahasiswa KKN Undip berharap pihak UMKM atau pun masyarakat yang memiliki usaha mampu melakukan pemasaran produknya dengan baik. Selain itu juga mampu memperoleh keuntungan yang lebih tinggi lagi. Harapan dari program ini yaitu pemilik usaha mampu mengembangkan dan memperbaiki usahanya baik dari segi product, price, place, maupun promotion. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat dan memberikan dampak positif bagi seluruh pihak.

5-PKK-Penayangan-Video-Pendukung-Materi

Penayangan Video Pendukung Sosialisasi

1

Leaflet Strategi Pemasaran 4P

2

Leaflet Strategi Pemasaran 4P

Strategi-Pemasaran-4-P-Kunci-Sukses-Dalam-Berbisnis

Poster Strategi Pemasaran 4P

Penulis : Kusdinasih (Fakultas Teknik)
DPL : Arifa Rachma Febriyani, S.I.Kom, M.I.Kom
Lokasi KKN : Desa Kenoyojayan, Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen