Siswa SD N 1 Wonodoyo Cegah Stunting melalui Drama

image

Kota Boyolali (26/07/2022), melirik dari hasil survey yang telah dilakukan, pengetahuan mengenai Stunting dikalangan siswa SDN 1 Wonodoyo dinilai sangat rendah, hal ini juga dikonfirmasi oleh guru SDN 1 Wonodoyo, dimana belum ada pengajaran mengenai bahaya stunting kepada siswa siswinya. Hal ini dinilai sangat mengkhawatirkan, dimana dengan adanya stunting dikalangan siswa SD yang tidak mengetahui apa itu stunting, maka akan berpotensi anak yang mengidap stunting akan mendapatkan bullyan dari teman sebayanya dikarenakan pertumbuhan yang tidak sama dengan teman temanya.
Dinilai memiliki dampak yang mengkhawatirkan apabila dibiarkan berlarut larut, mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro Fakultas Sekolah Vokasi, Jurusan Teknologi Rekayasa Otomasi, Deo Prakasita Damarjati, berinisiatif untuk membantu memberitahu tentang bahaya stunting melalui mekanisme drama, dimana selain anak anak dapat mengkspresikan minat dan bakatnya, anak anak SDN 1 Wonodoyo juga dapat mengerti tentang bahaya stunting dengan mempraktekanya secara langsung.
Menurut ibu lastri selaku Kepala Sekolah SDN 1 Wonodoyo “ Kegiatan ini dapat mendorong minat dan bakat siswa dibidang drama, kami sangat mensuportnya, apalagi didesa wonodoyo juga terdapat kesenian kethoprak, sehingga kegiatan ini selaindapat memberikan edukasi kepada siswa, juga dapat menumbuhkan bibit baru generasi penerus kesenian kethoprak didesa wonodoyo”
Program ini diawali dengan pelatihan anak anak SDN 1 Wonodoyo kelas 4 mengenai drama yang berjudul “Pengaruh Stunting terhadap Psikis dan Mental anak” . Siswa dikenalkan mengenai apa itu stunting terlebih dahulu, lalu diadakan penunjukan peran yang sesuai dengan karakter yang marak saat ini. Peran yang akan diperankan antara lain peran utama yaitu anak yang mengalami stunting, 3 orang preman kelas, 2 kakak, 1 orang guru dan 10 orang karakter sampingan.

image

Program ini dinilai sukses mengajarkan ke anak anak SD terkait bahaya stunting, selain itu, dengan wadah yang telah dibuatkan oleh mahasiswa berupa pembuatan chanel youtube sekolah yang isinya nanti akan memuat kegiatan drama tersebut membuat siswa siswi menjadi sangat bersemangat, bahkan mahasiswa juga mendapatkan permintaan untuk membuat drama kembali dari siswa kelas 6 SDN 1 Wonodoyo. Hal ini tentu sangat membahagiakan mahasiswa, karena selain dapat membantu siswa SDN 1 Wonodoyo untuk memerangi stunting, juga dapat mewadahi bakat dan minat siswa yang dinilai sangat bersemangat dalam drama. Video dapat diakses dichanel youtube SDN 1 Wonodoyo dengan nama pengaruh stunting terhadap kesehatan psikis dan mental anak.
Penulis : Deo Prakasita Damarjati
DPL : Dr. Khairul Anam S.Si, M.Si
Lokasi : Desa Wonodoyo, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali

KKN TIM II UNIVERSITAS DIPONEGORO