Pandemi Ancam Eksistensi UMKM, Mahasiswi KKN Undip Sosialisasikan Tips Resiliensi bagi Pengusaha UMKM

Tawangmas (12/08/2022) – Pandemi Covid-19 yang telah berlangsung selama dua tahun menyebabkan berbagai dampak buruk bagi Indonesia dalam berbagai sektor, tidak terkecuali pada aktivitas Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kelurahan Tawangmas, Kecamatan Semarang Barat. Pandemi membatasi masyarakat dalam melakukan kegiatan jual-beli dikarenakan sempat adanya peraturan-peraturan baru untuk mencegah penularan virus, seperti pembeli tidak boleh melakukan dine-in pada usaha makanan atau minuman dan dilarang membuka toko melebihi pukul 22.00.

Hal tersebut juga dapat dipengaruhi oleh daya beli masyarakat yang rendah karena tingginya kasus PHK yang terjadi selama pandemi atau ketakutan masyarakat untuk keluar rumah dan tertular virus covid-19. Walaupun keadaan berangsur-angsur semakin membaik dan beberapa peraturan juga sudah disesuaikan kembali, namun faktor-faktor tersebut mampu membuat kegiatan UMKM menjadi lesu dan tidak sedikit yang akhirnya terpaksa gulung tikar. Hal ini sangat disayangkan karena UMKM merupakan salah satu potensi yang ada di Kelurahan Tawangmas dan tidak sedikit juga warga yang menggantungkan sumber pendapatannya dari sektor ini.

Melihat permasalahan tersebut, melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata yang diadakan Universitas Diponegoro, Hani Cahya Agustin (21) yang merupakan peserta tim II KKN Undip tahun 2022 melakukan sosialisasi kepada pengusaha UMKM. Sosialisasi berisi tentang bagaimana menjadi cara menjadi pribadi yang lebih resilien bagi pengusaha UMKM agar dapat melewati hal yang menantang seperti masa pandemi ini. Kegiatan ini juga mendukung salah satu poin dalam SDGs nomor 3 yaitu good health and well-being, karena menjadi lebih resilien juga dapat berarti menjadi lebih sehat secara mental.

Resiliensi-di-Era-Pandemi

Kegiatan sosialisasi yang dilakukan pada Jumat, 5 Agustus 2022 ini dihadiri oleh ibu-ibu PKK dan beberapa warga Kelurahan Tawangmas yang berjumlah 25 orang. Sosialiasi diberikan dengan pemaparan materi melalui media power point yang berisi materi seputar resiliensi dan bagaimana cara-cara untuk menjadi pribadi yang lebih resilien dalam menghadapi pandemi. Beberapa cara tersebut diantaranya yaitu dengan meningkatkan self-awareness, bersikap tenang dan memiliki kontrol diri yang baik dalam menyikapi setiap situasi, meningkatkan empati kepada sesama, menetapkan tujuan yang realistis, memiliki motivasi tinggi dan optimis bahwa dapat melewati keadaan sulit seperti pandemi Covid-19 yang masih berlangsung sekarang.

IMG20220805094920

Kegiatan ini mendapat respon yang cukup positif dari para peserta. “Informasi yang diberikan sangat bermanfaat dan relevan dengan keadaan sekarang, terima kasih Tim KKN dari Undip” ujar Bu Tari selaku salah satu peserta yang menghadiri kegiatan sosialisasi. Oleh karena itu, dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan resiliensi pengusaha UMKM sekaligus meningkatkan potensi UMKM di Kelurahan Tawangmas, Kecamatan Semarang Barat.

Penulis : Hani Cahya Agustin – Fakultas Psikologi
DPL : Rosa Amalia S.Pi., M.Si.
Lokasi : Kelurahan Tawangmas, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang

KKN TIM II UNIVERSITAS DIPONEGORO TAHUN 2022
#KKNtimIIperiode2022
#p2kknundip
#lppmundip
#undip