Kerjasama Bermakna: Mahasiswa KKN Undip Bantu Kelurahan Kademangan Atasi Stunting

Tangerang Selatan (8/8/2022) – Sehubungan dengan PERPRES no. 72 tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting, Kelurahan Kademangan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan merencanakan pelaksanaan Pos Gizi sebagai program intervensi stunting di kelurahan. Saat ini, terdapat 18 bayi (6-11 bulan) dan balita (12-59 bulan) di Kelurahan Kademangan yang mengalami stunting.

Kegiatan Pos Gizi diawali dengan melakukan pendataan sasaran intervensi melalui antropometri di Posyandu yang dilakukan oleh kader dan divalidasi oleh petugas kesehatan. Setelah itu, hasil pendataan, disampaikan kepada Kepala Sie Sosial dan Sekretaris Kelurahan Kademangan untuk menentukan tempat dan waktu pelaksanaan pos gizi. Kemudian, setiap 1 kali dalam 2 minggu, peserta pos gizi bayi dan/atau balita beserta ibunya, akan dikumpulkan di Pos Gizi untuk dipantau penambahan berat badannya, diajarkan mengenai PBHS, melakukan permainan, dan didampingi kader untuk diajarkan memasak makanan berat menggunakan bahan pangan lokal. Ibu juga akan diberikan bahan pangan lokal untuk dibawa pulang agar bisa dimasak di rumah.

Dalam mendukung keberhasilan program pos gizi, Ajeng F. Rahadianputri, mahasiswa psikologi Universitas Diponegoro, membuat booklet parenting yang berisi informasi mengenai stunting, tips-tips parenting dalam konteks PMBA (Pemberian Makan Bayi dan Anak), serta resep makanan bergizi menggunakan bahan pangan yang didapatkan dari pos gizi. Sebelum pelaksanaan pos gizi, booklet diserahkan kepada ketua PKK Kelurahan Kademangan untuk ditinjau kembali. Mahasiswa juga melakukan transfer knowledge kepada kader PKK agar dapat menjelaskan tips-tips parenting tersebut kepada ibu-ibu peserta pos gizi.

Penulis : Ajeng F. Rahadianputri – 15000119120076 – Fakultas Psikologi
Lokasi : Kelurahan Kademangan, Kec. Setu, Kota Tangerang Selatan
Dosen Pembimbing KKN : Muhammad Mu’in, S.Kep., M.Kep., Ns.S