Mengembangkan UMKM, Mahasiswa KKN TIM II UNDIP Branding dan Edukasi Digital Marketing Usaha Sale Pisang “Bu Recha”
Kendal (06/07/2022) — Digital Marketing adalah suatu aktivitas promosi untuk mempromosikan sebuah brand, produk maupun jasa meggunakan media digital. Namun tahukah kalian ternyata digital marketing sudah ada sejak lama ? istilah Digital Marketing memang baru ramai sekarang ini seiring dengan perkembangan teknologi dan internet. Namun ternyata teknologi digital sudah ada sejak tahun 1910. Pada waktu itu ada sebuah stasiun radio yang menyiarkan secara langsung pertunjukan opera dari gedung Metropolitan Opera di New York dan dapat didengarkan oleh orang-orang di beberapa lokasi yang berbeda. memggunakan earphone perkembangan komputer dan selanjutnya kelahiran internet memperluas pengertian digital marketing. Digital marketing yang ditenagai internet menjadi semakin bertaring dalam menjangkau milyaran orang dengan biaya yang lebih rendah dari sebelumnya.
Peduli tentang pentingnya Branding dan Digital Marketing mahasiswa KKN TIM II UNDIP Muhammad Roy Sanana melakukan edukasi sekaligus branding kepada Produk Sale Pisang “Bu Recha” yang berada di Kelurahan Plantaran, Kec. Kaliwungu Selatan, Kabupaten Kendal. Program ini dilaksanakan dengan memberikan edukasi tentang pentingnya dan manfaat Digital Marketing di era modern. Sale Pisang “Bu Recha” berpotensi menjadi cemilan yang digemari konsumen lantaran memiliki rasa yang enak. Dengan melihat potensi tersebut Muhammad Roy Sanana selaku Mahasiswa KKN UNDIP tertarik menjadikan Sale Pisang “Bu Recha” di pasarkan melalui digital marketing yaitu media sosial, dengan harapan usahanya tersebut kedepan akan menjangkau pasar yang lebih luas.
Penulis : Muhammad Roy Sanana
Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) : dr. Dodik Pramono, M.Si, Med.
Lokasi : Dukuh Jetis, Desa Plantaran, Kecamatan Kaliwungu Selatan, Kendal