Viral Marketing! Mahasiswa UNDIP berikan Sosialiasi Pemasaran Digital Tiktok

Whats-App-Image-2022-07-24-at-22-41-52

kegiatan sosialisasi pemasaran digital

Strategi pemasaran sangat penting untuk dipelajari bagi setiap pelaku usaha karena strategi pemasaran yang diterapkan akan  menentukan tercapai tidaknya target usaha yang dijalankan. Media sosial merupakan sarana paling ampuh dalam pemasaran bisnis di era digital saat ini. Tiktok menjadi salah satu media sosial yang sering digunakan, hal ini dibuktikan dengan jumlah pengguna Tiktok di Indonesia sebanyak 63,1% dari jumlah populasi atau sekitar 92,07 juta pengguna. Angka ini naik pesat dari tahun sebelumnya 38,7% . Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, Zulfa Rahma Aulia, salah satu anggota TIM II KKN Universitas Diponegoro dari Jurusan Ilmu Komunikasi memberikan sosialisasi mengenai “Optimalisasi Pemasaran Digital Kampung Kreasi Melalui Media Sosial Tiktokā€ sebagai upaya pemulihan wisata pasca pandemi Covid-19. Optimalisasi Pemasaran Digital yang diberikan dalam strategi viral marketing berfokus pada bidang pariwisata. Dimana, materi ini diharapkan dapat bermanfaat bagi wisata Kampung Kreasi.

Viral marketing adalah strategi pemasaran dengan menghadirkan suatu konten tertentu yang berpotensi menyebar secara luas. Konten tersebut harus bisa menggerakkan orang-orang untuk menyebarkan atau membicarakannya. Targetnya adalah bagaimana membuat konten tersebut dapat menyebar luas seperti virus. Sampai pada akhirnya, publik secara luas bisa mengetahuinya. Dengan kata lain, audiens yang bukan jadi sasaran pun bisa mengetahui konten atau pesan tersebut. Konten yang diunggah dalam Viral Marekting Strategy  dapat berupa konten buatan yang disajikan dalam bentuk foto, video, tulisan, ataupun review mengenai barang atau jasa yang dibeli atau digunakan. Dalam media sosial Tiktok, konten yang viral merupakan konten yang dijangkau (view, like, comment) oleh banyak orang dan masuk dalam For You Page atau yang biasa disebut dengan FYP. Program tersrbut dilaksanakan pada Minggu (8/8) Dengan target khusus pemuda-pemudi karang taruna RT 02 RW 07 Kabupaten Gresik (Kampung Kreasi), sebagai para pelaku wisata Kampung Kreasi.Para peserta sosialiasi cukup senang dan antusias dalam menerima materi pada sosialisasi “Optimalisasi Pemasaran Digital Kampung Kreasi Melalui Media Sosial Tiktok” kali ini.

Dengan adanya sosialisasi mengenai optimalisasi pemasaran digital kampung kreasi melalui media sosial Tiktok, diharapkan dapat memberikan referensi dalam melakukan viral marketing guna meningkatkan dan mengembangkan media sosial Tiktok wisata Kampung Kreasi yang sempat terdampak oleh pandemi Covid-19 dan meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang keberadaan wisata Kampung Kreasi.

Publish : 12 Agustus 2022
Penulis : Zulfa Rahma Aulia- 14040119140123 Fakultas FISIP
Lokasi : Kampung Kreasi, Kelurahan Sidokumpul, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik, Jawa Timur
Dosen Pembimbing Lapangan : Ir. Kustopo Budirajarjo, M. P.
KKN TIM II TAHUN 2021/2022

#KKNTIMIIUNDIP
#KKNUNDIP2022
#LPPMUndip
#P2KKN
#PotensiKelurahan
#undip