KKN Tim II Undip: Penyuluhan Strategi Marketing Mix 4P pada UMKM Kelurahan Bendungan
Modul Strategi Marketing Mix 4P
Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan merupakan kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk berinteraksi dengan masyarakat di lingkungan secara langsung. Mahasiswa dituntut untuk mengidentifikasi masalah-masalah serta membantu menangani permasalahan yang dihadapi masyarakat dalam kemajuan lingkungan lokasi dilaksanakannya KKN.
Setelah melakukan survey ke lapangan dan melakukan beberapa diskusi dengan beberapa UMKM di kelurahan Bendungan yang terkendala selama pandemi, UMKM lokal biasanya lebih kalah saing karena masih awamnya pengertian mengenai cara pemasaran atau marketing yang baik apalagi dalam masa pandemi seperti ini yang menuntut pelaku usaha untuk melakukan cara-cara yang lebih kreatif dan inovatif untuk mempertahankan usaha nya.
Berangkat dari permasalahan tersebut, salah satu mahasiswa Undip jurusan Statistika, Arta Marisa Pardede memiliki ide untuk membantu pelaku UMKM khususnya di desa Bendungan, Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang. Arta Marisa Pardede mengadakan sosialisasi tentang strategi marketing menggunakan Metode Mix 4P (Product, Place, Price, Promotion).
Strategi marketing berfungsi sebagai sarana penyampaian informasi tentang kondisi suatu daerah atau lingkungan sehingga mempermudah dalam mendapatkan informasi cara penjualan barang atau jasa yang ditawarkan. Strategi pemasaran marketing mix 4P dapat dijadikan sebagai data pemerintah setempat dalam melakukan edukasi dan pengembangan UMKM dan dapat digunakan sebagai media promosi UMKM untuk meningkatkan penghasilan UMKM setempat.
Penerapan Strategi Marketing Mix 4P pada UMKM diharapkan dapat meningkatkan wawasan UMKM dan dapat lebih memperluas target pasar sehingga dapat meningkatkan penghasilan pelaku UMKM di tengah Pandemi COVID-19 yang belum mereda.
Tujuan dari program ini untuk memperluas target pasar supaya dapat memiliki pasar yang lebih menjanjikan dan meningkatkan jumlah penjualan produk UMKM. Sasaran dari program ini adalah Pemerintah Kelurahan Bendungan, Pelaku UMKM Kelurahan Bendungan, dan Masyarakat.
Penulis : Arta Marisa Pardede – 24050119140108 – Statisika Fakultas Sains dan Matematika
Lokasi : Desa Bendungan, Kecamatan Gajah Mungkur, Kota Semarang.
Dosen Pembimbing Lapangan : Agustin Erna Fatmasari., S.Psi., MA.