STOP KDRT! MAHASISWA TIM II KKN MEMBERIKAN EDUKASI KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA DAN BAGAIMANA MENYIKAPINYA

Kekerasan dalam rumah tangga masih menjadi hal tabu di masyarakat sehingga kerap kali ketika mengalaminya atau mengetahuinya, masyarakat kerap kali tidak tahu berbuat apa. Kekerasan dalam rumah tangga sering kali dianggap hanya kekerasan fisik yang terjadi dalam rumah tangga namun faktanya dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga menjelaskan bahwa KDRT merupakan perbuatan yang berakiba pada penederitaan baik secara fisik, seksual, psikologis maupun dengan penelantaran rumah tangga.

Whats-App-Image-2022-08-11-at-6-20-20-PM-1

Mengingat masih tabunya hal ini untuk diperbincangkan mengakibatkan minimnya pengetahuan masyarakat Genuksari tentang peraturan terakit KDRT. Maka dari itu sebagai upaya memberikan pengetahuan dini mengenai kesadaran hukum dalam berkendara yang baik, Marlene Deatrik R selaku mahasiswa KKN Tim II Undip 2021/2022 dibawahi bimbingan Bapak Bagus Rahmanda,S.H.,M.H mengadakan sosialisasi “ Kekerasan Dalam Rumah Tangga”. Sosialisasi ini difokuspan pada ibu rumah tangga di wilayah Genuksari mengingat tingginya tingkat kekerasan dalam rumah tangga yang terjadi pada wanita disbanding pada pria. Kegiatan sosialisasi ini diisi dengan pemaparan materi tentang apa saja bentuk KDRT, bagaimana hukum di Indonesia melindungi korban, apa-apa saja hak korban dan bagaimana korban bertindak ketika mengalami atau melihat adanya KDRT. Sosialisasi dilakukan secara door-to-door dari rumah warga satu ke rumah warga lainnya.

Whats-App-Image-2022-08-11-at-6-20-20-PM

Penyelenggaraan sosialisasi ini diharapkan menjadikan masyarakat lebih menyadari akan hak-hak yang didapat ketika menjadi korban KDRT sehingga tidak enggan meminta pertolongan dan lebih berani untuk melapor kepada pihak yang berwenang

Penulis: Marlene Deatrik R
Departemen : Ilmu Hukum
Lokasi : Kelurahan Genuksari, Kecamatan Genuk, Kota Semarang
#KKNtimIIperiode2022
#p2kknundip
#lppmundip
#undip