Demi Mencegah Kecelakaan Kebakaran Di Palet Jatibelanda “Munajat Official”, Mahasiswa KKN TIM II UNDIP Memberikan Pengetahuan Seputar APAR (Alat Pemadam Api Ringan)

Whats-App-Image-2022-08-11-at-23-05-24

Semarang (11/08/2022), suatu kecelakaan dapat menyebabkan kerugian bagi sebagian orang. Kecelakaan ini bisa terjadi pada apa saja dan kapan saja. Kerugian akibat terjadinya kecelakaan pada orang seperti luka berat, luka bakar, kematian dan lain sebagainya. Lalu kerugian dapat juga menimpa pada bangunan maupun perabot perabot yang ada di dalamnya yang melakukannya seperti contohnya kekayaan, kerusakan peralatan, dan bisa saja terjadi kebangkrutan yang terjadi pada perusahaan di tempat kita bekerja.

Segala macam kecelakaan bisa terjadi kapan saja, baik itu kebakaran dan yang lainnya. Di Munajat Official Palet Kayu Jatibelanda RW 1 Kelurahan Mangunsari terdapat banyak bahan yang tergolong mudah terbakar. Oleh karena itu, pentingnya sebuah APAR pada suatu perusahaan untuk mencegah apabila terjadi kecelakaan kebakaran. Selain itu, program ini juga berguna untuk menyadarkan masyarakat untuk selalu berhati hati dalam mencegah kebakaran.

Sebelum melangkah jauh, sebenarnya apa sih itu APAR. APAR (Alat Pemadam Api Ringan) adalah alat yang digunakan untuk memadamkan api baik itu kebakaran api kecil maupun sedang. Alat Pemadam Api Ringan (APAR) pada umumnya berbentuk tabung merah yang diisikan dengan bahan pemadam api yang bertekanan tinggi seperti foam, Co2, dan lain sebagainya. Dalam hal Kesehatan dan Keselamatan Kerja atau K3, APAR merupakan peralatan wajib yang harus dimiliki oleh setiap perusahaan dalam mencegah terjadinya kebakaran yang dapat mengancam keselamatan pekerja dan asset perusahaannya.

Program sosialisasi penggunaan APAR ini dibuat agar menambah pengetahuan masyarakat khususnya warga kelurahan Mangunsari dalam memilih tipe APAR berdasarkan kelas api serta mengetahui betapa pentingnya APAR dalam suatu perusahaan. Untuk itu, mahasiswa KKN tim 2 UNDIP memberikan sebuah APAR jenis foam karena efektif untuk memadamkan api yang ditimbulkan oleh bahan-bahan padat non-logam seperti kertas, kain, karet, kayu dan lain sebagainya (Kelas api A) serta kebakaran yang dikarenakan oleh bahan-bahan cair yang mudah terbakar seperti Minyak, Alkohol, dan lain sebagainya (Kelas api B).

Sebagai bentuk pengabdian dari tim 2 KKN UNDIP memberikan sebuah APAR kepada kepala dari perusahaan palet jatibelanda “Munajat Official” di kelurahan Mangunsari.

Penulis: Athala Zaidan Firoos/Teknik Perkapalan/Fakultas Teknik
Lokasi : Kelurahan Mangunsari, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang
DPL : Dra. Retno Hestiningsih, M. Kes
KKN TIM II Periode 2021/2022