Antusias Siswa SMP Mataram Dengan Pemberian Edukasi Jejak Karbon Digital Oleh Mahasiswa KKN Tim 2 Universitas Diponegoro

S-23920852 Siswa SMP Mataram setelah Mendapat Materi Jejak Karbon

Semarang – Minggu (20/07) Mahasiswa KKN Undip Tim II 2021/2022 ikut memeriahkan lomba yang dihadiri oleh ibu-ibu PKK Kelurahan Jagalan Kecamatan Semarang Tengah Kota Semarang.

Program edukasi terkait dampak carbon footprint akibat aktivitas digital dijalankan karena keterkaitannya dengan SDGs nomor 13, yaitu Penanganan Perubahan Iklim. Di samping manfaat dari kecanggihan teknologi, tentu saja terdapat hal buruk yang berdampak bagi kehidupan manusia. Salah satunya adalah pengaruh penggunaan internet terhadap carbon footprint yang berdampak pada perubahan iklim. Jumlah pengguna internet di seluruh dunia sekitar 4,6 miliar orang atau lebih dari setengah populasi global. Dalam hal jumlah, Asia menempati urutan pertama dengan lebih dari 2,5 miliar pengguna. Penggunaan internet tumbuh 7,6% per tahun, setara dengan 900.000 pengguna setiap hari. Para siswa, khususnya yang duduk di bangku SMP, dirasa adalah target yang tepat untuk diberikan pemahaman terkait hal ini. Karena berdasarkan data dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), usia, penetrasi internet tertinggi di Indonesia berada di kelompok usia 13-18 tahun. Hampir seluruhnya (99,16%) kelompok usia tersebut terhubung ke internet. Maka dari itu, mahasiswa menjalankan program kerja ini dengan target siswa SMP Mataram di Kelurahan Jagalan, sehingga mereka dapat memahami bahwa kegiatan yang mereka lakukan, seperti streaming online, menggunakan email, browsing, cloud dan lainnya juga merupakan sumber emisi gas karbon yang berdampak bagi perubahan iklim.

S-23920851 Tiga Siswa SMP Mataram yang Mendapat Hadiah

Kegiatan sosialiasi pada Rabu, 3 Agustus 2022 ini dikemas dengan bentuk penyampaian yang santai dan interaktif, sehingga siswa SMP Mataram tidak malu untuk bertanya dan bersedia menyimak penjelasan hingga akhir materi. Di penghujung materi juga terdapat sesi kuis berhadiah, yang membuat para siswa antusias untuk menjawab pertanyaan seputar materi yang telah dibawakan.

Penulis: Muhammad Irfan Saputra – Teknik Elektro/Fakultas Teknik
Editor: Reny Wiyatasari, S.S., M.Hum