MENGAPA UANG HARUS DIJAGA?! Mahasiswa KKN II UNDIP melakukan sosialisasi Cinta,Banga,Paham (CBP) Rupiah kepada Murid-Murid Paud Pandanarum,Kelurahan Pandansari,Kota Semarang.

Whats-App-Image-2022-08-11-at-3-39-58-PM
Whats-App-Image-2022-08-11-at-3-39-58-PM-1

Semarang (10/08). Bank Indonesia merupakan Bank Sentral Indonesia. Sebagai lembaga negara, Bank Indonesia memiliki tujuan yaitu mencapai dan menjaga kestabilan nilai Rupiah. Dengan itu, Bank Indonesia mengajak masyarakat Indonesia untuk turut mengikuti kampanye Cinta, Bangga, Paham Rupiah.

Cinta Rupiah ditunjukkan dengan mengenali, merawat, dan menjaga Rupiah sebagai satu-satunya alat pembayaran yang sah di wilayah NKRI. Dengan menjaga dan merawat Rupiah, ciri keaslian Rupiah menjadi mudah dikenali dan menghindari peredaran uang palsu dan tidak layak edar. Bangga Rupiah ditunjukkan dengan menggunakan Rupiah di setiap transaksi. Dengan menggunakan Rupiah pada setiap transaksi, maka kita sudah ikut membantu menjaga kestabilan nilai tukar Rupiah dan membangun kepercayaan dunia pada Rupiah. Paham Rupiah ditunjukkan dengan memahami fungsi Rupiah sebagai nilai tukar dan cara mengelolanya. Misalnya dengan bertransaksi dan berbelanja dengan bijak, berhemat, dan berinvestasi.

Whats-App-Image-2022-08-11-at-3-39-59-PM

Dalam rangka meningkatkan rasa Cinta,Bangga,Paham terhadap rupiah, Shafira vaniasari mahasiswa KKN Tim II Undip 2021/2022 dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis, menyelenggarakan sosialisasi mengenai Cinta,Bangga,Paham Rupiah. Kegiatan ini dilakukan pada Selasa, 26/7/2022 bertempat di Kelurahan Pandansari. Kegiatan Selain sosialisasi secara lisan mahasiswa juga membagikan modul dan poster kepada orang tua murid. Sosialisasi berjalan dengan baik, peserta yang terdiri dari murid-murid Paud Pandanarum,guru dan orang tua murid terlihat antusias menyimak pemaparan.

Penulis : Shafira vaniasari
Dosen Pembimbing: Dr. Ir. Baginda Iskandar Moeda T., M.Si., IPM
Kelurahan Pandansari, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah
KKN UNDIP Tim II Periode 2021/2022