BRAND MARKETING ITU PENTING: AYO COBA KOPI NUMERO UNO DI DUSUN INDROKILO! – KKN UNIVERSITAS DIPONEGORO

“Marketing adalah pesan Anda. Branding adalah siapa Anda.”

Dusun Indrokilo, Desa Lerep (17/7) – Mahasiswa Tim II KKN Universitas Diponegoro Wilayah Ungaran Kelompok Indrokilo, Cornelia Lydia Almira, Program Studi S.Tr Informasi dan Hubungan Masyarakat – Public Relations, Sekolah Vokasi melakukan penyerahan Produk Branding Marketing Program ‘Pengembangan Produk Branding Marketing Potensi UMKM Home Industry Kopi Dusun Indrokilo – Desa Lerep’ dengan UMKM Rumah Barokah milik Bu Subur di Dusun Indrokilo, Desa Lerep, Ungaran Barat, Kabupaten Semarang – Jawa Tengah pada Hari Minggu (17/07/2022).

Berlakunya UU No. 32 Tahun 2014 tentang penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, pihak Pemerintah menghimbau untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan, pemberdayaan, dan peran serta masyarakat untuk meningkatkan potensi khas daerah yang dikelola dalam urusan Pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat yang perlu adanya partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan dan pembangunan daerah. Pengembangan kegiatan UMKM di pedesaan dan wilayah-wilayah kecil perlu ditingkatkan.

Dusun Indrokilo Lerep memiliki potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang beragam, salah satunya yaitu kopi. Oleh karena itu, dilakukan pengembangan kegiatan UMKM melalui Pengembangan Produk Branding Marketing Potensi UMKM Home Industry Kopi Dusun Indrokilo, Desa Lerep – Ungaran Barat dengan Produk Desain Digital dan Desain Cetak seperti packaging (kemasan) produk berupa Standing Pouch, beserta label kemasan, thank you card set (paket kartu terima kasih), sticker produk, dan logo produk.

Kotler dan Amstrong (2012) mendefinisikan “packaging involves designing and producing the container or wrapper for a product”yang artinya adalah proses kemasan melibatkan kegiatan mendesain dan memproduksi, fungsi utama dari kemasan sendiri yaitu untuk melindungi produk agar produk tetap terjaga kualitasnya.

Program Pengembangan Produk Branding Marketing Potensi UMKM Home Industry Kopi Dusun Indrokilo dilakukan di UMKM Rumah Barokah yang memproduksi Kopi, Gula Aren / Gula Semut, dan Kripik Intip homemade yang menjadi salah satu usaha home industry di Dusun Indrokilo. Program ini dilakukan dengan identifikasi, wawancara, dan dilanjutkan dengan pembuatan produk desain digital dan produk cetak berupa logo usaha, label kemasan produk, thank you card set (paket kartu terima kasih), serta sticker gift. Model kemasan lama pun diganti menjadi kemasan baru Standing Pouch.

Keberhasilan program Pengembangan Produk Branding Marketing Potensi UMKM Home Industry Kopi Dusun Indrokilo dilihat dari terciptanya kemasan baru meliputi kemasan produk Standing Pouch beserta label kemasan, lalu terdapat logo baru serta kelengkapan seperti thank you card set (paket kartu ucapan terima kasih), dan sticker gift.