KARANGTARUNA PLOSOKEREP LEBIH MELEK TEKNOLOGI MELALUI PELATIHAN EXCEL

Pembelajaran-3m-Mean-median-modus-1

Sragen (10/08), pendidikan di Dukuh Plosokerep menjadi salah satu keprihatinan masyarakat sekitar. Kebanyakan dari mereka memilih untuk tidak melanjutkan belajar di perguruan tinggi atau lebih memilih bekerja dengan modal ijazah SMA/SMK. Pak Lutfan sebagai salah satu tokoh masyarakat di desa Plosokerep berharap bahwa setidaknya orang muda di daerah tersebut memiliki keterampilan yang bisa mereka kembangkan untuk memajukan desa meskipun mereka memiliki pendidikan yang rendah. Pak Lutfan berharap kepada kami KKN TIM II UNDIP supaya bisa mendobrak semangat karang supaya. Pengakuan salah satu tokoh masyarakat itulah yang menjadi keprihatinan saya selaku anggota KKN TIM II UNDIP. Oleh karena itu, saya berinisiatif untuk mengadakan pelatihan yang bisa menumbuhkan dan meningkatkan keterampilan masyarakat khususnya karang taruna di daerah Plosokerep sehingga saya Laurentina Adinda P.S mahasiswa Statistika Undip melakukan program pelatihan excel. Pelatihan ini merupakan salah satu implementasi dari penerapan point SDG’s tentang kualitas pendidikan.

Melihat kondisi karangtaruna Plosokerep yang masih jarang memiliki fasilitas seperti laptop dan komputer, maka pelatihan ini dilakukan kepada karang taruna yang benar-benar memiliki keinginan untuk mempelajari Excel. Setelah memberikan penawaran kepada karang taruna, maka terdapat 3 orang yang berminat untuk mempelajari dan ikut dalam pelatihan Excel. Pelatihan dilakukan pada hari Rabu, 10 Agustus 2022. Pelatihan dimulai dari penyampaian materi mengenai formula-formula excel, percobaan, dan pemberian modul pembelajaran. Modul pembelajaran berisi formula-formula lengkap yang bisa dipelajari oleh pemula yang sedang memulai belajar Excel. Meskipun terhalang fasilitas tapi antusias karang taruna dalam mengikuti pelatihan sangat tinggi, terlihat dalam semangat mereka ketika mencoba mengaplikasikan materi yang sudah didapatkan secara langsung.

Kuncoro sebagai salah satu peserta mengatakan bahwa “sebagai orang yang masih baru dalam mempelajari Excel, saya sangat terkesan dengan materi yang diberikan karena ternyata sangat berguna dalam membantu memecahkan permasalahan kehidupan terutama dalam mengoperasikan matematika, saya beruntung bisa ikut pelatihan Excel ini”. Dengan adanya pelatihan excel ini, diharapkan karang taruna mempunyai bekal sehingga dapat meningkatkan keterampilan terutama dalam bidang teknologi untuk memajukan desa Plosokerep.

Whats-App-Image-2022-08-13-at-07-23-54

Gambar. 1 Penyampaian Materi

Whats-App-Image-2022-08-13-at-07-24-13

Gambar. 2 Modul Pelatihan Excel

Penulis : Laurentina Adinda Puspita Sari
Program Studi / Fakultas : Statistika/Fakultas Sains dan Matematika
Dosen Pembimbing Lapangan : Oktavianto Eko Jati, S.Pi., M.Si.