Melimpah fiturnya, maksimal untungnya! Mahasiswa KKN UNDIP Bangkitkan UMKM bersama Shopeepay di wilayah Kelurahan Padangsari.

sppy-2

Semarang (12/08/2022). Kelurahan Padangsari merupakan salah satu kelurahan yang terletak di Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah. Kelurahan ini memiliki potensi yang besar karena terdapat kurang lebih sebanyak 250 UMKM yang terdiri dari UMKM kerajinan (handicraft), batik, olahan pangan, perikanan, pengrajin tempe dan lainnya. Besarnya UMKM ini mempunyai peran yang strategis dalam pembangunan ekonomi nasional, oleh karena itu keberadaan UMKM perlu dikembangkan.

Situasi pandemi telah memberikan dampak signifikan terhadap kondisi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Tidak sedikit pelaku UMKM khususnya di wilayah Kelurahan Padangsari menghadapi situasi sulit dan penuh tantangan untuk kembali bangkit mengembangkan bisnisnya. Terbatasnya informasi mengenai pemahaman penggunaan transaksi non tunai menjadi salah satu alasan beberapa masyarakat Kelurahan Padangsari mengalami penurunan perekonomian selama pandemi COVID-19. Sebagian besar masyarakat hanya mengandalkan transaksi langsung tunai yang mana di era saat ini masyarakat dapat lebih mudah melakukan transaksi non tunai. Oleh karena itu, diperlukan pemahaman lebih mengenai penggunaan transaksi non tunai (cashless) untuk menunjang perekonomian kepada pelaku UMKM.

Terkait dengan permasalahan tersebut, mahasiswa KKN Undip memberikan “Edukasi Penerapan Transaksi Non Tunai (Cashless) Menggunakan Shopeepay guna Mempermudah Transaksi”. ShopeePay merupakan salah satu produk layanan pembayaran digital yang berkomitmen mendorong akses digitalisasi finansial bagi pelaku bisnis dan konsumen di seluruh Indonesia.

sppy

Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa (02/08/2022) dilakukan sosialisasi door to door dengan target para pelaku UMKM di wilayah RW 14, Kelurahan Padangsari untuk memberikan pemahaman kepada para pelaku UMKM secara langsung, tentang penggunaan Shopeepay guna mempermudah transaksi sehingga pembayaran menjadi lebih aman dan efisien. Ada pun edukasi yang dilakukan yaitu dengan memberikan leaflet atau brosur terkait informasi keuntungan mengunakan shopeepay dan juga program semangat UMKM lokal yang ditawarkan dari Shopee itu sendiri untuk meningkatkan visibilitas pelaku bisnis UMKM diseluruh Indonesia.

Harapan dari kegiatan tersebut para pelaku UMKM di Kelurahan Padangsari mampu beradaptasi pada era digital sekarang ini bertransaksi secara non tunai (cashless) menggunakan Shopeepay sebagai layanan pembayaran digital dengan memanfaatkan metode pembayaran yang efektif untuk mendukung pertumbuhan bisnisnya.

Penulis : Lysandra Bryna H. (Administrasi Bisnis / Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik)
DPL : Rachma Purwanti, S.KM., M.Gizi.
Lokasi KKN : Kelurahan Padangsari, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang