KREATIF!!! MAHASISWA TIM II KKN UNDIP MELAKUKAN PENYULUHAN TERKAIT PERLINDUNGAN PERALATAN LISTRIK DI RUMAH DENGAN MEMANFAATKAN BARANG TAK TERPAKAI

Whats-App-Image-2022-08-12-at-18-47-27

Dokumentasi dengan ibu-ibu PKK Kelurahan Bubakan

Bubakan, (10/08/2022). Listrik merupakan suatu fenomena fisika yang berhubungan erat akan muatan listrik, listrik sendiri menimbulkan dampak umum yang sudah banyak diketahui seperti petir, listrik statis, induksi magnetik dan lain-lain. Listrik juga mempunyai dampak baik dan buruk sesuai dengan penggunaan yang dilakukan. Dampak buruk dari listrik sendiri dapat mengakibatkan tersetrum akibat komponen listrik yang biasanya tidak tertutup atau tidak terlindung dengan baik dan benar, sehingga menimbulkan setruman jika tersentuh. Ada pula dampak baik dari listrik itu sendiri, seperti yang sudah umum kita ketahui, listrik menjadi kebutuhan utama untuk kehidupan manusia selain air dan makanan. Listrik yang biasanya kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari telah dikonversi menjadi berbagai macam energi. Sebagai contoh sekarang telah banyak digunakan kompor listrik guna pengurangan pemakaian gas alam, ada juga penggunaan listrik yang di konversi menjadi energi gerak seperti kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat. Juga yang paling dekat dengan kehidupan kita adalah perkabelan dan stop kontak. Kembali ke judul, terkadang penggunaan peralatan listrik di rumah sering sekali digunakan dengan tidak memperhatikan tingkat keamanannya. Seperti contoh penggunaan stop kontak yang baik sebenarnya harus menggunakan tutup agar menghindari kecelakaan yang semata-mata dapat terjadi. Serta penggunaan terminal kuningan yang terkadang sembarangan seperti kemasukan air atau kotoran lainnya dapat menimbulkan efek buruk bagi penggunanya. Oleh karena itu, kegiatan ini memberikan solusi serta edukasi kepada ibu-ibu PKK yang hadir pada hari minggu,31 juli 2022 bertempat di Bubakan.

Whats-App-Image-2022-08-12-at-18-55-01

Dokumentasi pemaparan materi menggunakan poster

Kegiatan ini dimulai dengan penjelasan melalui poster yang berisikan informasi tentang bagaimana cara melindungi peralatan listrik di rumah dengan memanfaatkan barang tidak terpakai, point yang ada di dalamnya dengan menjaga peralatan listrik agar tetap kering, serahkan perbaikan peralatan listrik kepada pihak yang lebih professional, memastikan keamanan outlet listrik. Selain penjelasan melalui poster, pemateri juga memberikan demonstrasi melalui prototype yang diberikan serta dijelaskan cara pembuatan dan manfaatnya.

Whats-App-Image-2022-08-12-at-18-52-26

Dokumentasi pemaparan materi menggunakan prototype

Penyuluhan berlangsung dengan interaktif antara pemateri dan ibu-ibu PKK, para ibu-ibu PKK sangat antusias sehingga terjadinya interaktif tanya jawab pada saat sesi tanya jawab diberikan.

Screenshot-2022-08-12-190132

Dokumentasi output Poster

Whats-App-Image-2022-08-12-at-18-51-40

Dokumentasi Prototype pelindung terminal kuningan
Penulis: Andrew L P Siahaan, Mahasiswa S-1 Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, KKN Reguler Tim II Universitas Diponegoro 2022, Kelurahan Bubakan, Kecamatan Mijen, Kota Semarang.
Dosen Pembimbing: Prof.Dr.Dra. Meiny Suzery, MS.