Mahasiswa KKN Undip Ajarkan Strategi Marketing Mix 4P Bagi Pelaku UMKM Kelurahan Pesantren


Sosialisi Strategi Marketing Mix 4P

Semarang (3/8/2022). Mahasiswa KKN memberi modul pelatihan dan penjelasan secara langsung terkait strategi marketing mix 4P untuk memaksimalkan keuntungan dari penjualan/usaha yang dilakukan oleh pelaku UMKM di Kelurahan Pesantren.

Warga Kelurahan Pesantren, Kecamatan Mijen, Kota Semarang banyak yang memiliki usaha mikro kecil menengah. Namun, masih banyak yang belum mempertimbangkan dan memahami strategi marketing dalam menjalankan usaha. Dalam menjalankan usahanya perlu bagi pelaku usaha untuk melakukan strategi pasar dalam menjalankan usahnya maupun sebelum menjalankan usaha nya. Marketing merupakan kegiatan yang sangat perlu dilakukan oleh pelaku usaha dalam memasarkan barang atau jasa kepada konsumen.

Marketing MIX merupakan tingkatan yang menggambarkan elemen penting pemasaran suatu produk atau jasa seperti keunggulan produk, penetapan harga, pengemasan produk, periklanan, dan juga distribusi dalam usaha memasarkan produk atau jasa. Marketing mix merupakan sistem pemasaran yang terpenting dari perusahaan meliputi empat variabel pemasaran yaitu produk, harga, promosi dan distribusi yang akan menentukan tingkat keberhasilan pemasaran dalam mencapai penjualan yang diharapkan oleh perusahaan dalam sasaran pemasaran.


Modul Pelatihan Strategi Marketing Mix 4P

Dalam hal ini, Sri Mardianti Haloho, seorang mahasiswa KKN TIM II UNDIP dari program studi Teknik Industri memanfaatkan kesempatan ini untuk memberikan sosialisai edukasi terkait strategi marketing mix 4P kepada beberapa pelaku UMKM yang ada di Kelurahan Pesantren. Sosialisasi dilakukan dengan memberikan modul pelatihan yang berisi tentang penjelasan apa itu marketing, strategi marketing, elemen yang ada dalam strategi marketing, marketing mix 4P. Selain itu juga dilakukan penjelasan secara langsung oleh mahasiswa kepada pelaku UMKM terkait apa itu startegi marketing dan apa saja marketing mix 4P. Strategi marketing mix 4P diantaranya adalah product, price, place dan promotion. Strategi marketing yang dipaparkan tidak hanya untuk pelaku UMKM yang secara Offline, namun di jelaskan juga terhadap usaha yang berjalan secara online untuk penerapan Marketing MIX 4P.

Harapan nya dengan adanya sosialisasi tentang Strategi Marketing MIX 4P yang disampaikan oleh Mahasiswa KKN Undip kepada pelaku UMKM dapat membantu mereka untuk meningkatkan keuntungan / produktivitas dari usaha nya.


Foto Bersama Salah Satu Pelaku UMKM Kelurahan Pesantren

Penulis: Sri Mardianti Haloho
Dosen Pembimbing: Roro Isyawati P. G, S.IP, M.IP