Perluas Akses Pasar UMKM, Mahasiswa KKN Tim II Undip Beri Sosialisasi terkait Social Media Marketing

Pelaksanaan-sosialisasi-terkait-Social-Media-Marketing

Gambar: Pelaksanaan sosialisasi terkait Social Media Marketing

Karangasem, Surakarta (12/08/22) – Dalam menumbuhkan pertumbuhan ekonomi masyarakat, UMKM memiliki kontribusi yang besar dan berpengaruh positif dalam menggerakkan roda perekonomian. Namun pada realitanya, beberapa UMKM memiliki berbagai kendala yang menyebabkan usaha tersebut berangsur-angsur mengalami penurunan. Salah satu permasalahan yang saat ini banyak dialami para pelaku usaha adalah masalah pemasaran.

Berdasarkan survei yang telah dilakukan, Kelurahan Karangasem saat ini sedang mengembangkan UMKM Singkong Keju Siji Songo yang ditujukan untuk warga RT 01 RW 09. UMKM Singkong Keju Siji Songo tersebut nyatanya juga tak luput dari masalah pemasaran. Pak Anung selaku ketua RW 09 mengatakan bahwa sebelumnya sudah ada UMKM abon lele yang dikembangkan di RW 09, namun UMKM tersebut terpaksa gulung tikar karena pemasaran yang kurang maksimal.

Berdasarkan potensi UMKM serta masalah yang dialami warga RW 09 Kelurahan Karangasem, salah satu mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro Tahun 2022 yang bernama Tasya Dasilva melakukan sosialisasi terkait Social Media Marketing di Kelurahan Karangasem, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta. Pelaksanaan sosialisasi terkait Social Media Marketing ini sesuai dengan SDGs 8 yaitu Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi. Tujuan dari program ini adalah untuk membantu UMKM Singkong Keju Siji Songo dalam melakukan perluasan pemasaran melalui media sosial.

Poster-dan-cover-buku-saku-Social-Media-Marketing

Gambar: Poster dan cover buku saku Social Media Marketing

Kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan di Masjid Nur Muhammad RW 09 Kelurahan Karangasem pada hari Rabu (27/07) dihadiri oleh 30 warga RW 09 Kelurahan Karangasem serta Bapak Anung selaku ketua RW 09 Kelurahan Karangasem. Materi yang diberikan dalam sosialisasi antara lain adalah pengertian social media marketing, keuntungan social media marketing, serta macam-macam media sosial yang dapat digunakan untuk melakukan pemasaran. Ibu Rini, salah satu peserta sosialisasi berkata bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat, apalagi untuk perluasan pemasaran UMKM Singkong Keju Siji Songo yang baru mulai dikembangkan. Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan penyerahan buku saku ”Media Social Marketing Panduan Penggunaan Instagram” kepada Bapak Anung selaku Ketua RW 09 dan salah satu penanggung jawab dari UMKM Singkong Keju Siji Songo.

Penyerahan-buku-saku-Media-Social-Marketing-kepada-Bapak-Anung

Gambar: Penyerahan buku saku Media Social Marketing kepada Bapak Anung

Harapannya adalah produk UMKM Singkong Keju Siji Songo dapat dikenal lebih luas dengan menggunakan social media marketing. Dengan begitu, UMKM Singkong Keju Siji Songo ini akan terus berkembang dan dapat membuka banyak lapangan pekerjaan untuk warga sekitar. Perkembangan UMKM tersebut juga diharapkan dapat meningkatkan kondisi perekonomian warga RT 01 RW 09 Kelurahan Karangasem.

Penulis : Tasya Dasilva
Fakultas : Ekonomika dan Bisnis
Dosen pembimbing Lapangan: Oktavianto Eko Jati, S.Pi., M.Si.

#KKNtimIIperiode2022 #p2kknundip #lppmundip #undip