Untuk Membantu Mengoptimalkan Pertumbuhan Bayi Umur 0-2 Tahun, Mahasiswa KKN TIM II UNDIP Melakukan Sosialisasi Cara Menyusui Yang Benar

ARC00923-1

Pesantren, Mijen, Semarang (Sabtu, 16 Juli 2022), mahasiswa KKN Tim II Undip 2021/2022, Alfitra Akbar Bara Mentari yang berasal dari Fakultas Kedokteran melaksanakan program kerja monodisiplin Edukasi Pertumbuhan Bayi Umur 0-2 Tahun Sesuai Umur dan manajemen laktasi pada Ibu di RW.01 dan 02 Kelurahan Pesantren, Kecamatan Mijen, Kota Semarang.

Kesehatan anak-anak menjadi suatu hal yang krusial dalam menunjang keberlangsungan hidup bagi anak tersebut. Hal ini disebabkan karena pada usia anak-anak adalah masa dimana pertumbuhan dan perkembangan terjadi secara optimal. Pertumbuhan dan perkembangan yang optimal ini lah yang perlu di jaga demi anak yang sehat kedepannya. Dalam menunjang hal tersebut perlu pemenuhan gizi yang seimbang sesuai dengan umurnya agar didapatkan pertumbuhan yuang optimal.

IMG-6658-1

Asi Eksklusif merupakan salah satu hal yang sangat krusial dalam menunjang pertumbuhan khususnya bagi bayi 0-6 bulan dan dilanjutkan sampai 2 tahun. ASI sangat penting karena kandungan gizi pada ASI tidak dapat digantikan oleh makanan olahan lain seperti protein, karbohidrat, vitamin, enzim, zat antibodi dll. Oleh karena itu, pemberian ASI harus tepat dan benar agar bayi dapat tumbuh secara optimal.

ARC00932-1

Program ini meliputi sosialisasi mengenai cara menyusui yang baik dan benar kepada ibu dengan bayi. Konten sosialsiasi meliputi bagaimana posisi dan juga pelekatan yang benar saat menyusui. Ibu-ibu terlihat antusias dalamn memperhatikan materi yang dibawakan. Setelah dilakukannya program ini harapan kedepannya ibu-ibu semakin teredukasi mengenai bagaimana cara menyusui yang baik dan benar sehingga dapat mencegah bayi mengalami gizi kurang, buruk bahkan stunting.

Penulis : Alfitra Akbar Bara Mentari-22010119130059-Kedokteran, Fakultas Kedokteran
Lokasi : Kelurahan Pesantren, Kecamatan Mijen, Kota Semarang, Jawa Tengah.
Dosen Pembimbing Lapangan : Roro Isyawati P. G., S.IP., M.IP.