Galakkan Promosi Desa, Mahasiswa Kkn Tim Ii Undip Undang Wisatawan Melalui Sosial Media

Semat, Jepara (12/7) – kegiatan penggalakan promosi desa guna undang wisatawan melalui sosial media ini berbentuk  diawali dengan perbincangan dan diskusi bersama pak Ali . S, selaku kepala desa Semat. Pak ali mengatakan bahwa semat merupakan desa yang dianugerahi keindahan alam yang sayangnya kurang dikenal masyarakat luas sehingga promosi situs wisata desa semat harus dilakukan. 

Menurut penelitian, orang Indonesia menghabiskan lebih dari 3 jam tiap harinya untuk bermain sosial media. Maka dari itu, banyak pelaku usaha atau bahkan pemerintah daerah menggunakan sosial media untuk meraih pasar lebih luas. Promosi situs wisata Desa Semat melalui media sosial instagram adalah langkah yang tepat sebagai upaya untuk meraih banyak wisatawan dan memperkenalkan desa Semat pada khalayak luas. 

Pembentukan sosial media sendiri diawali dengan diskusi bersama kepala desa Semat, Pak Ali S. setelah mendapatkan spot penting yang perlu dipromosikan, mahasiswa KKN langsung mengunjungi spot tersebut dan mengambil banyak foto dari titik berbeda. Mahasiswa kkn lalu membuat akun instagram desa Semat dengan username @desasemat.jepara dan mengunggah Hasil jepretan ke dalam akun instagram tersebut. 

Pak Ali selaku kepala desa dan Mbak Anita selaku perangkat desa yang nantinya akan menjadi admin akun ig setelah KKN selesai merasa bahwa akun ini sangat mempermudah promosi situs wisata Semat dan berterimakasih karena sudah dibantu dalam promosi dan pembuatan akun instagram desa.

Penulis : Farren Federika

Dosen Pembimbing : Dra. Puji Astuti, M.Si.

Lokasi KKN : Desa Semat, Kec. Tahunan, Jepara, Jawa Tengah