Kenalkan Cara Branding Produk, Tim KKN 2 UNDIP Bantu UMKM Setempat

dadar

(Dokumentasi sosialisasi)

Jatingaleh, Semarang (31/07/2022) – Pada kurun waktu hampir dua tahun Covid-19 mewabah negara kita tercinta, Indonesia. Belum terlihat tanda-tanda dari pandemik Covid-19 yang akan menghilang. Pandemik yang berkepanjangan, dampak sangat dirasakan oleh Sebagian masyarakat di Indonesia. Perekonomian merupakan salah satu sektor yang paling terdampak akibat pandemi Covid-19. Ekonomi masyarakat bahkan negara seketika menjadi lesu. Banyak pelaku usaha termasuk UMKM yang terpaksa harus tutup demi mematuhi aturan pemerintah dalam pencegahan penyebaran Covid-19, misalnya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), belum lagi masalah bahan baku, terhambatnya distribusi dan perubahan pola konsumsi masyarakat. Tidak sedikit perusahaan yang melakukan PHK, wirausaha yang gulung tikar, bahkan pelaku UMKM yang harus menutup usahanya.

Kegiatan pertama dilakukan dengan terlebih dahulu melakukan sosialisasi tentang branding produk agar dapat meningkatkan minat konsumen yang ingin mengenal produk yang dihasilkan oleh pelaku UMKM pada kegiatan sosialisasi ini dilanjutkan dengan pengajaran tentang angle foto, pencahayaan, serta saturasi warna foto guna agar dapat memperlihatkan visualisasi foto produk menjadi terlihat lebih bersih dan menarik sehingga dari pemanfaatan ini masyarakat umkm akan dapat menarik minat konsumennya sehingga produk akan dapat dikenal dengan baik oleh masyarakat.

Penulis: Muhammad Alfapahlevi Saputra Sekolah Vokasi)
Editor: Hendrik Anggi Setiawan S.Pi M.Si
Lokasi: Keluraha Jatingaleh, Kecamatan Candisari, Kota Semarang, Jawa Tengah.