Desain Kemasan, Faktor Penting dalam Pemasaran Produk yang Kerap Dianggap Remeh

3T

Pesantren, Semarang – Tidak dapat dipungkiri lagi, kemasan menjadi salah satu unsur penting dari suatu produk karena pemilihan bahan dan desain menarik dapat meningkatkan nilai jual dari produk tersebut. Desain kemasan juga merupakan hal pertama yang terlihat oleh calon pelanggan sebelum membeli. Hal inilah yang menjadi pendorong bagi Afriella Damafarditta (21), mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Diponegoro yang merupakan bagian dari TIM II KKN UNDIP, untuk melakukan diseminasi kepada para pelaku UMKM Kelurahan Pesantren pada hari Jumat, 29 Juli 2022, di Balai Pertemuan Kantor Kelurahan Pesantren.

Diseminasi sederhana ini dilakukan pada rangakaian acara sosialisasi “Strategi Pengembangan dan Upaya Peningkatan Daya Saing Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)” dengan pemaparan materi dan pembagian leaflet yang diedit dan disusun oleh mahasiswa sendiri, yang berisi beberapa poin penting mengenai perancangan desain produk seperti aplikasi apa yang sebaiknya digunakan, hal-hal apa yang harus diperhatikan, sampai harus kemana dan bagaimana cara mencari inspirasi untuk perancangan desain tersebut. Setelah pemaparan materi dan pembagian leaflet, mahasiswa juga menjawab beberapa pertanyaan mengenai desain kemasan produk.

Dengan diadakannya penyuluhan ini, diharapkan para pelaku UMKM dapat sadar betapa krusialnya desain kemasan produk dan diharapkan bisa merancang desain produk sendiri.

————
Penulis : Afriella Damafarditta (Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro)
DPL : Roro Isyawati P.G. S.IP., M.IP.
Lokasi : Kelurahan Pesantren
#KKNtimIIperiode2022 #p2kknundip #lppmundip #undip