Menarik! Mahasiswa UNDIP Mengajak Siswa Sekolah Dasar Belajar Eksperimen Fisika Sejak Dini

Medan (11/08/2022) — Pendidikan di masa sekarang ini hendaknya mampu membekali generasi muda dengan menemukan konsep-konsep sains dengan matang, salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan cara memperkenalkan eksperimen fisika sederhana sejak dini untuk memicu minat siswa SD terhadap fisika pada tingkat pendidikan selanjutnya. Pada umumnya guru dalam pembelajaran mata pelajaran sains banyak yang menekankan pada pemberian secara materi/informasi tetapi tidak melaksanakan kegiatan pembelajaran menggunakan alat peraga ataupun melakukan kegiatan laboratorium. Eksperimen Fisika perlu dilakukan agar anak tidak hanya mengetahui hasilnya saja tetapi juga dapat mengerti proses dari kegiatan yang dilakukannya.

Berbagai manfaat yang bisa didapatkan jika anak sejak dini telah diperkenalkan dengan fisika. Fisika membiasakan anak-anak mengikuti tahap-tahap eksperimen dan tak boleh menyembunyikan suatu kegagalan. Fisika juga dapat melatih anak bereksperimen dengan melaksanakan beberapa percobaan, memperkaya wawasan anak untuk selalu ingin mencoba dan mencoba. Oleh karena itu, fisika dapat melatih mental positif, berpikir logis, dan urut (sistematis) serta juga dapat melatih anak bersikap cermat, karena anak harus mengamati, menyusun prediksi, dan mengambil keputusan.

Whats-App-Image-2022-08-12-at-19-21-42-1

Berdasarkan uraian di atas, mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro mengajak para murid SDN 066650 untuk melakukan eksperimen fisika sederhana. Eksperimen yang dilakukan kali ini ialah percobaan hukum Archimedes. Kegiatan ini dilakukan untuk memperkenalkan dan membuktikan berlakunya bunyi hukum Archimedes, memberikan pengetahuan mengenai peristiwa sebuah benda dapat tenggelam, melayang dan mengapung serta mengetahui fungsi garam didalam air.