Peduli UMKM, Mahasiswa KKN UNDIP Kenalkan Cara Penggunaan Marketplace Pada Pelaku UMKM di wilayah Batursari
Batursari, Kab Demak (28/8) – Usaha mikro kecil dan menegah (UMKM) memiliki peranan penting dalam peningkatan perekonomian daerah ataupun perekonomian negara. Banyak UMKM yang mengakibatkan persaingan yang semakin ketat dan juga ditambah banyak teknologi yang semakin pesat. Pertumbuhan ekonomi termasuk dalam salah satu sub tema SDGs yakni pada poin 8 mengenai Pekerjaan Layak Dan Pertumbuhan Ekonomi. Kegiatan yang berkaitan dalam poin ini tidak hanya mendorong pertumbuhan ekonomi yang dilihat dari sisi sebagai pekerja, tetapi juga masyarakat yang memiliki bisnis mandiri di rumah dan Usaha mikro kecil menengah (UMKM).
Untuk dapat mencapai SDGs point ke-8, Mahasiswa TIM II KKN UNDIP melaksanakan program kerja yaitu “Mengedukasi MarketPlace bagi para pelaku Usaha Mikro kecil dan menengah (UMKM) di wilayah Batursari.” Marketplace sendiri merupakan suatu platform yang dimana memiliki tugas sebagai perantara antara penjual dan pembeli untuk melakukan proses transaksi produk secara online. Marketplace atau pasar daring juga menyediakan berbagai fasilitas seperti metode pembayaran, estimasi pengiriman, pemilihan produk sesuai kategori, dan fitur yang lainnya.
Pelaksanaan program monodisiplin edukasi penggunaan market place ini berlangsung pada hari Kamis 28 Juli 2022 secara door to door. Kegiatan ini dihadiri oleh Ibu Zhafira selaku pemilik UMKM yang ada di wilayah Batursari, yaitu Ibu Zhafira yang mempunyai UMKM penjual jajanan pasar dan Ibu Arin selaku pemilik UMKM yang berjualan makanan Tahu Petis. Ibu Zhafira selama ini hanya menjualkan produknya dengan cara menitipkan barang dagangannya di beberapa tempat, sedangkan Ibu Arin menjual barang dagangannya dengan membuka stand. Permasalahan yang dialami kedua UMKM tersebut yakni belum menjual produknya di berbagai marketplace.
“ Sejauh ini saya hanya memasarkan produk jualan saya dengan menitipkan barang dagangan saya di berbagai penjual jajanan saja dan ada beberapa yang pesan dagangan saya melalui WhatsApp,” ujar Ibu Zhafira.
Dengan permasalahan penjual yang dialami UMKM tersebut, maka Mahasiswa KKN TIM II UNDIP membantu usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dengan cara melakukan Penyuluhan dan edukasi dalam penggunaan market place kepada pemilik UMKM. Megingat di zaman era globalisasi ini yang dimana kita tidak lepas dari dunia maya, Mahasiwa KKN UNDIP menjelaskan bagaimana cara untuk pemasaran suatu produksi dengan mudah praktis dan biaya yang relatif kecil.
Dari permasalahan yang dialami UMKM tersebut, maka kami memberi suatu solusi yaitu pengenalan marketplace yaitu berupa suatu aplikasi yang dapat digunakan oleh pemilik UMKM yaitu suatu media sosial berupa Shopee, TokoPedia, dan Instagram Bisnis untuk memasarkan suatu produk yang akan dipasarkan supaya jangkauan pemasaran produk lebih luas. Keunggulan marketplace ini adalah mudah diakses oleh masyarakat luas dan juga biaya yang dikeluarkan juga relatif kecil, Sehingga siapapun yang menginginkan suatu produk yang dipasarkan oleh pemilik UMKM didapatkan dengan mudah dan praktis, dan produk yang dijual lebih banyak dikenal oleh banyak orang dan menambah pelanggan.
Pelaksanaan program tersebut telah berlangsung pada tanggal 28 Juli 2022, pelaksanaan program tersebut dengan cara door to door dan menggunakan brosur yang telah disiapkan, yang berisikan mengenai pengertian market place, tujuan dan manfaat market place, macam macam market place yang dapat digunakan, dan juga Langkah Langkah untuk menggunakan aplikasi market place tersebut.
Selama kegiatan tersebut berlangsung, kami saling berdiskusi dan pelaku UMKM merasa senang atas informasi yang didapatkan untuk keberlangsungan usaha yang mereka jalani.
”karena adanya kegiatan ini saya menjadi sedikit paham dan tahu cara penggunaannya” ujar Ibu Zhafira”
Maka dengan adanya program tersebut, harapannya para pelaku UMKM dapat mengimplementasikan informasi yang telah didapatkan mengenai market place untuk memajukan perekonomian dan bisa memanfaatkan internet melalui paltfrom-platform market place yang telah tersedia.
Penulis : Laela Yulia Pratiwi (Fakultas Ekonomika Dan Bisnis/Akuntansi)
DPL : Dr.Ir.Martini., M.Kes.