PENYERAHAN HASIL PEMBUATAN ALAT SANITASI HANDSANITIZER OTOMATIS TANPA SENTUH KEPADA KETUA RW 04 KELURAHAN PENDRIKAN LOR SEBAGAI LANGKAH PREVENTIF MENGURANGI KONTAK LANGSUNG

Whats-App-Image-2022-08-12-at-23-43-14
Pendrikan Lor, Semarang Tengah (12/8) – Pandemi COVID 19 pada dua tahun terakhir ini sangat mempengaruhi seluruh aktivitas bidang. Walaupun kebijakan pemerintah semakin melonggarkan PPKM serta batasan batasan lainnya, namun alangkah lebih baik nya kita tetap menjaga protokol kesehatan semaksimal mungkin. Contohnya tanpa disadari terdapat kuman, bakteri dan virus yang menempel pada tangan. Untuk meminimalisir menyebarnya kuman dan bakteri yang menyebakan virus, maka kebersihan tangan tangan harus tetap dijaga. Salah satu solusi yang dapat diterapkan adalah membersihkannya dengan cairan antiseptik berupa handsanitizer yang ditambahkan fitur otomatis tanpa sentuh untuk mengurangi resiko
penyebaran melaui kontak langsung.

Program ini sesuai dengan SDGs nomor 6, yaitu “Desa Layak Air Bersih dan Sanitasi”. Diselaraskan dengan keadaan sekarang ini, yaitu era new normal untuk mengurangi lonjakan COVID-19 di Indonesia terutama di Kelurahan Pendrikan Lor. Alat handsanitizer otomatis tanpa sentuh dapat digunakan dimanapun pada saat terdapat kegiatan masyarakat untuk mencegah resiko penyebaran COVID-19 yang dapat terjadi akibat kontak langsung.

Pembuatan alat handsanitizer otomatis tanpa sentuh dilakukan oleh seorang mahasiswa Program Studi Sarjana Terapan Teknik Listrik Industri dari KKN Tim II UNDIP 2022 yang melaksanakan kegiatan KKN di Kelurahan Pendrikan Lor.
Whats-App-Image-2022-08-12-at-22-39-38

Setelah pembuatan, alat handsanitizer otomatis tanpa sentuh diserahkan kepada Ketua RW 04 agar dapat digunakan ketika terdapat kegiatan masyarakat RW 04.

Harapannya dengan pelaksanaan program ini dapat dipergunakan dengan baik sebagai bentuk mencegah penyebaran COVID 19 yang berisiko tertular karena kontak secara langsung terutama saat kegiatan bersama warga di RW 04.

Penulis : Irsalina Almas Nur Sabrina – Teknik Listrik Industri Sekolah Vokasi
DPL : Dr. Ir. Baginda Iskandar Moeda T., M.Si., IPM.
Lokasi : Kelurahan Pendrikan Lor, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang

#KKNTIMIIUNDIP2022
#p2kknundip
#lppmundip
#undip