NGEMBANGIN USAHA ITU MUDAH, Lakukan Analisis dan Bukukan Secara Digital

1-5

Banyak orang bilang, ngembangin usaha itu sulit? Iya benar sih, tidak sepenuhnya salah. Namun disetiap kesulitan, pasti ada saja jalannya! Putri Nadhira, salah satu mahasiswa KKN Tim II UNDIP melaksanakan kegiatannya di Kelurahan Sawah Besar dan melakukan penyuluhan mengenai cara pengembangan bisnis melalui sistem analisis bisnis.

Beige-and-Brown-Elegant-Jewelry-Sales-Product-Landscape-C-Fold-Brochure-1

Salah satu yang digaungkan adalah sistem SWOT. Dimana sistem ini menganalisis Strength atau kekuatan, Weakness atau kekurangan, Opportunity atau peluang usaha kedepannya, dan Threat atau ancaman dari usaha yang sedang dijalankan.

Dengan mengetahui keempat komponen tersebut, dapat dijadikan sebagai bahan untuk menyusun strategi untuk pengembangan bisnis loh! Jika kamu sudah menentukan strategimu, jangan lupa untuk melakukan evaluasi untuk mengetahui hasil kegiatanmu ya!

1-2

Oiya! Putri juga memberikan informasi, di zaman serba digital ini, kita dapat melakukan pembukuan secara mudah. Pembukuan ini dilakukan dengan cara mengunduh aplikasi pada smartphone. Salah satu contoh aplikasi yang dapat digunakan itu ada bukuwarung. Banyak fitur yang dapat dimanfaatkan oleh pemilik usaha, yang terpenting pembukuan dan laporannya sudah secara otomatis dapat kita lihat.

Penulis: Putri Nadhira/FPIK
DPL:Ir. RTD. Wisnu Broto, MT