Merek Tidak Dikenal? Brand Awareness Dong! Solusi Jitu Pemasaran Dari Tim KKN UNDIP
Pemberian materi terkait brand awareness dan fitur instagram
Kadipiro, Surakarta (05/8) – Salah satu permasalahan umum ketika ingin meningkatkan penjualan produk adalah minimnya kesadaran masyarakat atas keberadaan produk tersebut. Disinilah pentingnya peran brand awareness sebagai upaya untuk mengenalkan produk dan menjangkau calon konsumen yang lebih luas. Brand Awareness atau kesadaran merek merupakan sejauh mana sebuah merek dikenali oleh masyarakat dan dikaitkan dengan produk atau kategori produk tertentu. Mampu memiliki brand awareness yang kuat adalah kunci bagi perusahaan agar bisa unggul dalam persaingan bisnis. Ini disebabkan konsumen cenderung memilih produk atau jasa dari brand yang sudah dikenalnya. Tanpa brand awareness, konsumen tidak akan kembali menggunakan produk yang sama untuk kedua kalinya.
Instagram @poktanabdidalemklebengan sebagai sarana brand awareness
Permasalahan ini terjadi pada POKTAN Abdi Dalem Klebengan, dimana jangkauan pasarnya hanya berada pada masyarakat Klebengan, Kadipiro saja. Berangkat dari permasalahan tersebut Mahasiswa KKN Tim 2 UNDIP yang bernama Bangkit Ardhana berniat untuk memperluas brand awareness POKTAN Abdi Dalem dengan memanfaatkan Instagram sebagai media pemasarannya, sesuai dengan tujuan SDG nomor 8 yaitu Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi melalui pemanfaatan sosial media untuk peningkatan brand awareness dan penjualan produk. Adapun disamping pembuatan Instagram, mahasiswa juga memberikan edukasi seputar brand awareness diantaranya pemanfaatan fitur Instagram seperti hashtag, story, highlight, publikasi konten yang konsisten, serta pembuatan konten yang menarik untuk terus meningkatkan engagement. Kegiatan pengedukasian yang diadakan pada 31 Juli 2022 ini diikuti oleh 8 pengurus POKTAN dengan 1 orang yaitu Pak Mugiman yang bersedia menjadi pengelola akun Instagram POKTAN.
Penyerahan modul dan instagram @poktanabdidalemklebengan bersama proker lainnya
“Terimakasih atas pemberian edukasi terkait kesadaran merek dan pembuatan Instagram POKTAN, tentunya kita pihak POKTAN sangat terbantu untuk strategi pemasarannya karena jujur saja kita selama ini hanya mengandalkan whatsapp sebagai media promosi” Ujar Pak Mugiman selaku ketua POKTAN dan sekaligus pengelola akun Instagram POKTAN kedepannya.
Dengan edukasi pentingnya brand awareness ini, diharapkan jangkauan konsumen POKTAN Abdi Dalem nantinya bisa menjangkau seluruh masyarakat Kadipiro dan di luar Kadipiro, yang pada akhirnya akan meningkatkan penjualan POKTAN Abdi Dalem kedepannya.
#KKNtimIIperiode2022 #p2kknundip #lppmundip #undip
Penulis: Bangkit Ardhana (Manajemen, 2019)
Dosen Pembimbing: Oktavianto Eko Jati, S.Pi., M.Si.
Lokasi KKN: Kelurahan Kadipiro, Kecamatan Banjarsari