WOW! MAHASISWA KKN TIM II UNDIP MELAKUKAN PENGUATAN MANAJEMEN PEMASARAN PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI KELURAHAN BUBAKAN, KECAMATAN MIJEN, KOTA SEMARANG

https://ibb.co/W2TXyZX
Pemaparan Materi oleh Mahasiswa

Semarang (07/08/22) – Mahasiswa Tim II Universitas Diponegoro Kelurahan Bubakan, Kecamatan Mijen, Kota Semarang (Minggu, 7 Agustus 2022) melakukan edukasi dan pendampingan digitl marketing sebgai langkah memperkuat manajemen pemasaran UMKM di Kelurahan Bubakan. Kegiatan diawali dengan pengamatan terkait situasi dan kondisi dalam menggunakan social media dalam melakukan pemasaran produk yang dimiliki para pelaku UMKM yang terdapat pada RW 3 kelurahan Bubakan, yang dimana dapat ditarik kesimpulan bahwa masyarakat masih belum memanfaatkan secara maksimal dari perkembangan IPTEK yang ada. Oleh karena itu, mahasiswa tim KKN Universitas Diponegoro melakukan pengedukasian terhadap pemanfaat perkembangan IPTEK terkhususnya social media dan e-commerce dalam membantu perkembangan bisnis yang dimiliki oleh masyarakat setempat. Pada edukasi dan pendampingan mahasiswa mnjelaskan terkait definisi social media marketing, pentingnya social media marketing, strategi social media marketing, manfaat social media marketing, pengertian ecommerce, dan pentingnya ecommerce.

https://ibb.co/WzM5kyY
Foto Bersama Ibu PKK Setelah Melakukan Penyuluhan dan Edukasi

Sosial media marketing merupaakan sebuah strategi pemasaran yang menggunakan sosial media sebagai wadah untuk melakukan kegiatannya, banyak hal yang bisa dijadikan konten yang akan bisa dibagiakan melalui media sosial seperti panduan, penawaran produk, informasi umum dan lain-lain. Begitu juga dengan E-commerce marketing yang dimana merupakan Tindakan yang dilakukan untuk promosi yang bertujuan dalam meningkatkan nilai dari proses transaksi yang dilakukan oleh pembeli dan penjual melalui toko online seperti Lazada, Shopee, dan lain sebagainya dan hal ini bisa membuat para pembeli untuk tetap Kembali pada toko penjual untuk membeli produk yang sebelumnya yang sudah dibeli dengan mudah.

https://ibb.co/T0xXnMx
Output Program (Poster)

Penulis: TIM KK II Universitas Diponegoro Kelurahan Bubakan
Dosen pembimbing: : Prof.Dr.Dra Meiny Suzery, MS.