SEJUTA MANFAAT WA BISNIS UNTUK PELAKU UMKM
Semarang (29/7/2022). Di era serba digital ini siapa yang tak kenal dengan aplikasi Whatsapp. Aplikasi atau platform untuk bertukar pesan yang diminati banyak orang ini juga bisa memberikan sejuta manfaat bagi para pelaku bisnis. Fitur-fitur yang dimilikinya dapat dimanfaatkan untuk memasarkan produk secara online.
Banyaknya para pelaku UMKM sekarang ini juga tentunya menimbulkan persaingan yang cukup ketat untuk memenangkan pasar. Di Kelurahan Pesantren, Kecamatan Mijen, Kota Semarang, beberapa warganya juga memiliki UMKM sendiri. Menariknya para pelaku usaha ini memiliki kegiatan rutin Bazar UMKM untuk memasarkan dan mengenalkan produknya. Namun munculnya virus covid 19 di tahun 2020 lalu cukup menggoncang kegiatan bisnis mereka. Kebijakan pemerintah PSBB yang membatasi kegiatan luar rumah membuat mereka kehilangan kesempatan dan tempat untuk menjajakan dan menjual produknya, sehingga dengan terpaksa beberapa kegiatan bisnis mereka harus terhenti.
Munculnya permasalah tersebut membuat salah satu Mahasiswa KKN TIM II Undip, Tiyas memanfaatkan moment ini untuk memberikan edukasi para pelaku UMKM di Kelurahan Pesantren mengenai pemasaran online melalui WA Binis. Program ini dilaksanakan dengan harapan agar para pelaku UMKM Kelurahan Pesantren dapat kembali menemukan tempat sekaligus mengembangkan bisnis-bisnisnya di platform online, sehingga mereka bisa memperluas target pasar.
WA Bisnis adalah aplikasi smartphone yang menyediakan berbagai fitur menarik yang di design untuk pemilik bisnis kecil. Di WA Bisnis kita bisa membuat katalog produk untuk menjajakan barang yang dijual. Selain itu terdapat pula fitur pesan auto respon yang bisa digunakan untuk berinteraksi dengan pelanggan. Dalam hal memasarkan produk, pelaku bisnis bisa memanfaatkan fitur broadcast dan story untuk menginformasikan pelanggan mengenai promo yang sedang berlangsung ataupun edukasi produk.
Terdapat beberapa tips sederhana untuk memasarkan produk melalui WA Bisnis, yaitu :
– Pakai nomor WA Khusus
– Mengumpulkan kontak yang banyak dan manfaatkan WA Story untuk menarik konsumen
– Buat Katalog yang rapi
– Gunakan broadcast messege untuk menginformasikan pelanggan
– Bangun hubungan yang baik dengan pelanggan dan konsisten
Dengan diterapkannya tips ini, para pelaku UMKM Kelurahan Pesantren dapat terus meningkatkan penjualan dan memperluas target pasarnya, Serta jika diiringi dengan evaluasi yang baik, maka dapat bermanfaat untuk perkembangan bisnis mereka.
Penulis : Ning Tiyas Wulandari (Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik)
DPL : Roro Isyawati P. G, S.IP, M.IP
Lokasi : Kelurahan Pesantren, Kecamatan Mijen, Kota Semarang