Mengembangkan Bisnis dengan Lebih Optimal : Mahasiswa Undip Perkenalkan Pemasaran melalui E-Commerce pada Pelaku UMKM
Kelurahan Genuksari, Kecamatan Genuk, Kota Semarang (05/08/22) – E-commerce adalah electronic commerce, merupakan kumpulan teknologi, aplikasi, dan bisnis yang menghubungkan perusahaan atau perseorangan sebagai konsumen untuk melakukan transaksi elektronik, pertukaran barang, dan pertukaran informasi melalui internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-Commerce menyediakan kemampuan untuk membeli dan menjual barang ataupun informasi melalui internet dan sarana online lainnya.
Bisnis e-commerce di Indonesia semakin meningkat tajam semenjak munculnya Pandemi beberapa tahun lalu. Bisnis dagang berbasis online ini tumbuh sekitar 33 persen di tahun 2020 dengan nilai yang cukup luar biasa, dari yang di kisaran Rp 253 triliun menanjak pesat menjadi di kisaran Rp 337 triliun.
Dengan fakta diatas dapat disimpulkan bahwa konsumen di Indonesia saat ini lebih tertarik untuk melakukan pembelian secara online melalui e-commerce. Hal ini dikarenakan efisiensi waktu dan lebih mudah.
Tidak hanya mempermudah pembeli atau konsumen, pemasaran melelui e-commerce ini juga membantu para penjual terutama untuk para pemilik UMKM. Dengan adanya e-commerce ini penjual dapat dengan mudah memperluas pasar dan meraup omset yang lebih tinggi dari yang seharusnya.
Untuk mewujudkan hal tersebut, Penulis melakukan penyuluhan langsung ke pelaku usaha UMKM yang ada di Kelurahan Genuksari, Kecamatan Genuk. Dengan mendatangi sedikitnya 3 UMKM yang ada, diharapkan dapat memberi informasi dan membantu mengembangkan pemasaran produk – produk UMKM dengan e-commerce.
Penulis : Linda Septie Noormawati-12030119130182
DPL : Bagus Rahmanda,S.H.,M.H.
Lokasi : Kelurahan Genuksari, Kecamatan Genuk, Kota Semarang
KKN TIM II UNIVERSITAS DIPONEGORO TAHUN 2022
#KKNtimIIperiode2022
#p2kknundip
#lppmundip
#undip