Mahasiswa KKN Undip Ngobrolin Seks Sama Remaja? Emang Boleh?

Kebon Bawang, Jakarta (31/7) – Mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro 2021/2022, Evita Hosana Marchya, melaksanakan program monodisiplin yang berbasis psikologi pendidikan non pelatihan atau psikologi edukasi atau yang dikenal dengan kata sosialisasi yang bertemakan “Paham, Menjaga, Saya” guna meningkatkan perspektif dan kesadaran remaja mengenai pentingnya pendidikan seksualitas yang dilaksanakan di RW 01, Kebon Bawang, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Remaja adalah masa peralihan dari kanak – kanak menuju dewasa. Dalam masa remaja, banyak terjadi perubahan – perubahan, terutama terjadinya pubertas. Pubertas dapat diartikan suatu periode dimana terjadinya kematangan fisik dan perubahan hormonal. Membahas mengenai seksualitas, remaja memiliki rasa keingintahuan yang tinggi yang hampir tidak dapat dipuaskan. Hal tersebut dikarenakan meningkatnya minat mereka terhadap seks. Maka dari itu, remaja membutuhkan bimbingan pendidikan seksualitas untuk mencegah terjadinya perilaku negatif seksualitas.

Ditambah dengan maraknya dampak negatif dari ketidaktahuan mengenai seksualitas pada remaja, seperti hamil di luar nikah, terjerat pornografi, pacaran tidak sehat yang mungkin dapat menyebabkan sesuatu yang merugikan bagi dirinya. Dengan adanya pendidikan seksualitas, remaja akan membentuk sikap emosional yang sehat terhadap masalah seksual dan membimbing mereka ke arah hidup dewasa yang sehat dan bertanggung jawab terhadap kehidupan seksualnya.

Program sosialisasi “Paham, Menjaga, Saya” dibuat untuk peningkatan pengetahuan seksualitas remaja yang dilaksanakan di Balai Warga RW 01, Kebon Bawang. Program sosialisasi ini mendukung terwujudnya Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 3 yang membahas mengenai kehidupan yang sehat dan mendukung kesejahteraan bagi semua usia. Program tersebut dilaksanakan berbarengan dengan program – program mahasiswa lainnya yang satu kelompok dengan penulis. Secara umum, kumpulan program tersebut membahas mengenai regulasi dalam diri remaja.

IMG-8224-11zon

Sebelum dimulai acara, peserta remaja diharuskan mengerjakan pre-test terkait tema terlebih dahulu. Kegiatan sosialisasi dibuka dengan sambutan meriah dari MC, Indra Pratama, pada pukul 10.00 WIB. Materi pertama dibuka dengan pemaparan manajemen waktu oleh Uli Patricia. Kemudian, dilanjutkan pencairan suasana yang dibawakan oleh MC. Selanjutnya, pemaparan materi oleh penulis kepada peserta remaja pada pukul 11.00 – 11 – 45 WIB. Materi disajikan secara sistematis dan aplikatif sehingga memudahkan remaja untuk mengerti secara bijaksana. Selanjutnya, dilakukan post-test kepada peserta remaja untuk mengukur apakah ada peningkatan pengetahuan dari program ini. Tiga peserta remaja mendapatkan hadiah akibat dari keaktifan dan peningkatan pengetahuan mereka. Acara selanjutnya dilanjutkan oleh pemaparan materi dari mahasiswa lainnya dan ditutup oleh MC pada pukul 12.00 WIB.

IMG-8273-11zon

Keberhasilan pelaksanaan program dapat dinilai dan diukur melalui dua pendekatan, yakni kuantitatif dan kualitatif. Pengukuran kualitatif dapat dinilai melalui meningkatnya pemahaman dan kesadaran peserta sosialisasi akan pendidikan seksualitas. Hal tersebut dibuktikan dengan sesi diskusi interaktif pada waktu pemaparan materi berlangsung. Kemudian pengukuran pendekatan kuantitatif, dapat dinilai melalui meningkatnya pemahaman dan kesadaran peserta sosialisasi akan pendidikan seksualitas. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan skor pre-test dan post-test yang diukur melalui N Gain Score yang menghasilkan bahwa program sosialisasi ini dalam kategori cukup efektif.

Dengan adanya program sosialisasi ini, remaja sudah melek dan sadar akan pentingnya menjaga diri ketika sudah pubertas dan mendorong masyarakat untuk sadar akan pentingnya pendidikan seksualitas dalam ranah positif dan sebagai pembelajaran guna mencegah remaja dalam melakukan penyimpangan seksualitas. Program ini dapat ditindaklanjuti para peserta remaja ataupun orang tua untuk membimbing anak remaja mereka, selepas masa bakti kegiatan KKN TIM II Universitas Diponegoro tahun 2021/2022.

IMG-8270-11zon