Optimalisasikan Pengarsipan Agenda Surat Keluar, Mahasiswi KKN TIM II UNDIP Lakukan Penginputan Data di Website SiLaker Kota Semarang

Whats-App-Image-2022-08-12-at-00-01-21

Plamongansari, Semarang (2/8) – Arsip adalah catatan rekaman kegiatan atau sumber informasi dengan berbagai macam bentuk yang dibuat oleh lembaga, organisasi maupun perseorangan dalam rangka pelaksanaan kegiatan. Arsip dapat berupa surat, warkat, akta, piagam, buku, dan sebagainya, yang dapat dijadikan bukti sahih untuk suatu tindakan dan keputusan. Dengan adanya perkembangan teknologi, arsip dapat berbentuk audio, video dan digital.
Secara umum arsip memiliki fungsi untuk penunjang aktivitas administrasi, alat pengambil keputusan, bukti pertanggungjawaban, sumber informasi, dan wahana komunikasi.

Mengingat jumlah arsip yang semakin banyak dibuat dan diterima oleh lembaga, organisasi, badan maupun perseorangan maka diperlukan manajemen pengelolaan arsip yang lebih dikenal dengan sistem kearsipan melalui beberapa pekerjaan atau kegiatan untuk mengelola arsip yang ada.
Untuk mempermudah dalam hal pengarsipan lingkup kelurahan, pemerintah Kota Semarang menyediakan website yaitu SiLaker Kota Semarang. SiLaker merupakan singkatan dari Sistem Informasi Layanan Administrasi Kelurahan Terpadu, website yang di dalamnya berisi arsipan seputar dengan kelurahan, seperti agenda masuk, agenda keluar, data kelahiran dan data kematian. Screenshot-5

Pada kesempatan kali ini, mahasiswi KKN TIM II UNDIP melakukan pengarsipan agenda surat keluar yang merupakan surat surat berupa undangan, permohonan narasumber, laporan bulanan, serta acara acara lainnya.
Mahasiswi mengisi form yang telah disediakan di SiLaker untuk dilengkapi datanya sehingga bias terdaftar di dalam laman website.
Berikut adalah gambar dari laman website SiLaker agenda surat keluar yang diisi oleh mahasiswi KKN TIM II UNDIP

Screenshot-8

Penulis : Hafizha Ni’amillah (Administrasi Publik, FISIP)
Dosen Pembimbing : Dr. Rr. Karlina Aprilia,SE,MSc,Akt