Perdana, Sosialisasi Pemasaran Digital oleh Mahasiswa KKN Tim II Undip di Kelurahan Muktiharjo Lor
SEMARANG – Usaha mikro kecil menengah (UMKM) adalah istilah umum dalam dunia ekonomi yang merujuk kepada usaha ekonomi produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh Undang-undang No. 20 tahun 2008. UMKM dapat berarti bisnis yang dijalankan individu, rumah tangga, atau badan usaha ukuran kecil.
Menurut Lurah Karmo, penduduk kelurahan Muktiharjo Lor mayoritas merupakan pekerja karyawan swasta karena sebagian besar wilayahnya adalah industri kecil. Sekretaris Lurah, Haryanto menambahkan perekonomian kelurahan Muktiharjo Lor terbilang cukup baik lantaran UMKM di kelurahan terbilang banyak dengan jumlah 214 UMKM yang tersebar di 5 RW.
Atas hal tersebut, mahasiswa KKN Tim II Undip 2021/2022 berinisiatif untuk mengembangkan UMKM di kelurahan Muktiharjo Lor dengan rangkaian sosialisasi kepada pelaku UMKM, salah satunya pemasaran digital. Sosialisasi ini diadakan pada Senin (25/7/2022), di Balai Kelurahan Muktiharjo Lor dengan dihadiri sekitar 15 warga yang merupakan pelaku UMKM.
Ema selaku ketua UMKM Kelurahan, menyambut positif inisiatif ini karena merupakan pertama kalinya kegiatan sosialisasi pemasaran digital untuk UMKM di Muktiharjo Lor. Ia berharap, pelaku UMKM mampu memanfaatkan ilmu tersebut untuk meningkatkan skala penjualan lebih besar.
Penulis : Wahyu Hidayat/14040119130135/Ilmu Komunikasi
Dosen Pembimbing : Dr. Dra. Wilis Ari Setyati, M.Si.
Lokasi : Kel. Muktiharjo Lor , Kec. Genuk, Kota Semarang, Jawa Tengah