MAHASISWA KKN TIM II UNDIP MEMBERIKAN PELATIHAN DASAR APLIKASI RHINOCEROS UNTUK MEMBUAT DESAIN 3D SEDERHANA

Plamongansari, Semarang (10/8) – Melihat perkembangan teknologi akhir – akhir ini banyak benda – benda atau objek yang dibuat sekompleks mungkin. Manusia zaman dahulu untuk membuat suatu benda harus memikirkan bagaimana desain yang tepat agar benda tersebut bisa digunakan dengan maksimal dan efisien. Teknologi yang ada pada zaman itu hanyalah bergantung pada gambar yang dibuat secara manual oleh manusia untuk membuat suatu benda. Gambar tersebut juga hanya bisa di visualisasikan secara 2D pada kertas sehingga pengamat harus mengimajinasikan sendiri jika sudah jadi 3D nanti akan jadi seperti apa bentuknya. Nah dengan teknologi yang sudah terlampau pesat saat ini untuk membuat suatu gambar desain sudah ada banyak sekali sarana yang bisa kita gunakan khususnya menggunakan komputer. Dengan bantuan komputer kini kita bisa membuat suatu desain benda atau objek menjadi nyata menggunakan aplikasi yang saat ini banyak beredar khususnya untuk membuat benda secara 3D bisa menggunakan aplikasi Rhinoceros.

Apa sih aplikasi Rhinoceros ini? Untuk apa kegunaannya? Jadi aplikasi Rhinoceros ini biasa dipakai untuk membuat desain benda atau objek dari 2D menjadi bisa dilihat dalam bentuk 3D. Aplikasi ini adalah sebuah software permodelan 3D digital yang dikembangkan oleh perusahaan – perusahaan software dunia dengan lebih memperhatikan kebutuhan desainer sebagai pengguna dalam aktivitasnya merencanakan dan mengembangkan suatu produk sehingga produk atau objek yang dihasilkan dapat terintegrasi secara maksimal. Dengan menggunakan software ini banyak objek 3D yang bisa dibuat contohnya seperti gelas, meja, kursi, alat – alat perkakas seperti baut, hingga bisa memproyeksikan sebuah kapal dari bentuk 2D ke dalam bentuk 3D. Karena penggunaannya yang cukup luas dan tidak semua orang mengetahui tentang aplikasi ini, maka penulis terpikirkan untuk membuat program ini menjadi pelatihan agar warga Plamongansari khususnya remaja bisa tahu cara menggunakan aplikasi rhinoceros untuk membantu warganya atau mereka sendiri bisa mendesain alat sesuai kebutuhannya. Pelatihan ini dimulai dengan pengenalan aplikasi Rhinoceros dan kegunaannya untuk apa saja. Lalu dilanjutkan dengan pengenalan tools atau fungsi – fungsi dari setiap perintah yang ada di dalam aplikasi Rhinoceros. Disediakan juga contoh desain dan cara pengerjaannya. Kemudian setelah mendemonstrasikan cara membuat desain objeknya, peserta yang mengikuti pelatihan ini diperbolehkan untuk langsung mencobanya sendiri.

Screenshot-1918Contoh Desain Gelas Sederhana

Diharapkan setelah adanya acara pelatihan ini akan membuat warga remaja Plamongansari yang telah mengikuti pelatihan ini bertambah ilmunya tentang desain dan juga cara penggunaan aplikasi Rhinoceros. Pelatihan ini juga bermanfaat untuk menambah softskill dan juga bisa memudahkan ketika nanti ingin mencari pekerjaan.

Penulis: Hilal Dyan Azzam / Fakultas Teknik / Teknik Perkapalan
DPL : Dr. Rr. Karlina Aprilia Kusumadewi, S.E., M. Sc., Akt.
Lokasi : Kelurahan Plamongansari, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang