Seruan Kepedulian Lingkungan Laut, Mahasiswa KKN Undip Berikan Sosialisasi Penerapan Konsep 3R Warga Masyarakat Sawah Besar

Whats-App-Image-2022-07-31-at-11-56-03-AM

Sawah Besar, Semarang (31/07/2022) – Lingkungan ekosistem merupakan hal yang penting bagi kehidupan manusia, terutama ekosistem laut. Permasalahan saat ini pada lingkungan merupakan sampah yang belum bisa dikelola dengan baik. Jumlah sampah saat ini terus bertambah disetiap tahunnya. Dampak yang ditimbulkan dari sampah terutama sampah plastik di perairan sangat banyak sekali. Mulai dari ancaman terhadap ekosistem bahari, kesehatan manusia, hingga ekonomi. Penggunaan plastik harus dibatasi untuk menekan dampak negatif tersebut. Salah satu upayanya adalah dengan menerapkan konsep 3R (Reduce, Reuse, Recycle) sebagai bentuk kepedulian terhadap ekosistem laut.

Konsep 3R perlu diajarkan kepada masyarakat agar dapat membiasakan diri mulai dari hal yang terkecil. Kelurahan Sawah Besar sendiri terdapat beberapa wilayah RW yang perlu diedukasi terkait konsep 3R, salah satunya RW 09. Beberapa masyarakay Sawah Besar belum memiliki pemahaman mengenai konsep 3R. Dalam upaya meningkatkan kesadaran mengenai penerapan konsep 3R , mahasiswa KKN Tim II Undip 2021/2022, Satrio Ikhtiarino yang berasal dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan mengadakan sebuah program kerja bertemakan “Penerapan 3R(Reduce, Reuse, Recycle) Sebagai Bentuk Kepedulian Terhadap Laut”. Program ini mendukung SDG’s ke-14 yaitu menjaga ekosistem lautan. Kegiatan ini dilakukan di hari Minggu (31/7/2022) berlokasi di RW 09.

kkn-3

Kegiatan edukasi ini dilakukan dengan sosialisasi dari rumah ke rumah. Kegiatan ini dilaksanakan dengan pemaparan materi kepada masyarakat sekitar. Sosialisasi juga dilakukan dengan membawa poster sebagai bentuk tulisan dari reduce, reuse, dan recycle agar masyarakat lebih mudah memahami materi yang disampaikan. Masyarakat cukup antusias mengikuti rangkaian kegiatan sosialisasi dalam penerapan konsep 3R. Kegiatan edukasi diakhiri dengan pemberian poster penerapan konsep 3R masyarakat, poster juga dilakukan pemasang di beberapa tempat mading RW 8 dan pada mading kantor Kelurahan Sawah Besar. Mahasiswa berharap dengan adanya kegiatan ini masyarakat lebih paham akan konsep 3R dan dapat menerapkannya di kehidupan sehari-hari.

Nama Penulis: Satrio Ikhtiarino/26040119140152/Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan/Ilmu Kelautan
Dosen Pembimbing Lapangan: Ir. RTD. Wisnu Broto, MT
Lokasi: Kelurahan Sawah Besar, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah.