Wow! UMKM Makin Maju lewat Pengenalan Istilah dalam Digital Marketing
Jerakah, Semarang (31/07/2022) – Odetta Dinanti
Di era digital ini, hampir seluruh aspek kehidupan dapat diakses secara instan dan real-time hanya dalam satu genggaman. Salah dampak perkembangan teknologi yang pesat ini adalah di bidang ekonomi, khususnya dalam pemasaran. Pemasaran, atau biasa disebut sebagai Digital Marketing merujuk pada upaya pemasaran produk usaha yang dilakukan secara digital. Selain lebih mudah dijangkau, pemasaran produk usaha secara digital juga dapat menjangkau target konsumen yang lebih luas.
Namun, meskipun dengan kemudahan yang tersedia, masih banyak pelaku usaha kecil yang belum memanfaatkannya. Banyak faktor yang menyebabkan ini, seperti kurangnya informasi, gagap teknologi, perangkat (gawai) yang belum mendukung, maupun akses internet yang belum merata. Hal ini sangat disayangkan karena jika semua pelaku usaha mikro (UMKM) dilengkapi dengan kemampuan mengoperasikan pemasaran digital, usaha mereka akan semakin berkembang dan tentunya akan memajukan produk anak bangsa.
Oleh karena itu, seorang mahasiswa Universitas Diponegoro (UNDIP), ingin turut andil dalam pemberdayaan UMKM dengan cara memberikan daftar istilah-istilah bahasa Inggris penting yang terdapat dalam Digital Marketing. Odetta Dinanti (21), seorang mahasiswa dari jurusan Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya yang tergabung dalam Tim II KKN Universitas Diponegoro Tahun 2022 tengah melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di Kelurahan Jerakah, Semarang.
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, didapat bahwa Kelurahan Jerakah memiliki potensi wilayah dalam pengembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah). Letaknya yang strategis karena berdekatan dengan beberapa universitas menambah poin tambahan dalam potensi wilayah. Namun saat ini proses pertumbuhan UMKM setempat dapat dikatakan relatif kecil. Melihat kondisi ini, seharusnya ada banyak hal yang bisa dilakukan agar membawa UMKM di Kelurahan Jerakah lebih dikenal oleh masyarakat luas yang berdampak pada kemajuan UMKM serta peningkatan perekonomian warga Kelurahan Jerakah.
Oleh karena itu, program kerja yang diusung oleh mahasiswa Sastra Inggris ini merupakan salah satu bentuk program pemberdayaan UMKM dengan kegiatan meliputi sosialisasi atau penyuluhan kepada pelaku UMKM mengenai istilah-istilah dalam bahasa Inggris tentang Digital Marketing. Untuk itu, diberikan materi sosialisasi dalam bentuk booklet yang berisi pengenalan istilah Bahasa Inggris dalam Digital Marketing agar memudahkan para pelaku usaha untuk mempromosikan usaha mereka lewat media sosial. Dengan adanya program kerja ini, diharapkan para pelaku UMKM Kelurahan Jerakah dapat lebih mengerti bagaimana cara mereka mengiklankan usaha mereka untuk menjangkau target pasar yang lebih luas dan nantinya mendapatkan lebih banyak keuntungan.
Keberlanjutan program pengenalan istilah Digital Marketing ini diharap menjadi salah satu bentuk pemberdayaan UMKM Kelurahan Jerakah dan membantu pelaku usaha untuk memudahkan mereka dalam proses mempromosikan usaha mereka lewat media digital sehingga mereka dapat menjangkau target pasar yang lebih luas serta mendapat lebih banyak keuntungan.
DPL: dr. Akhmad Ismail, M.Si.Med
#KKNTimIIperiode2022
#p2kknundip
#lppmundip
#undip