Mensejahterakan Masyarakat melalui Program Workshop Perjanjian Pra-Nikah

day-31-220812-1

Denpasar – Pada Jumat (4/8/2022), mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro tahun 2022 melakukan suatu workshop mengenai pembuatan perjanjian pra-nikah di lingkungan Desa Kesiman Kertalangu. Perjanjian Pra-nikah dikenal sebagai sebuah perjanjian yang dibuat oleh calon mempelai sebelum mengadakan upacara pernikahan untuk mengesahkan keduanya sebagai pasangan suami dan istri. Perjanjian ini mengikat kedua calon mempelai dan berisi masalah pembagian harta kekayaan masing-masing atau berkaitan dengan harta pribadi kedua belah pihak sehingga bisa dibedakan jika suatu hari terjadi perceraian atau keduanya dipisahkan oleh kematian.

Sebelum melakukan dan menentukan penyuluhan tersebut, sudah dilakukan survery agar sesuai dengan permasalahan yang sedang terjadi di lingkungan tersebut. Workshop dengan tema ini diambil berdasarkan fakta di lapangan bahwa terdapat banyak penduduk di lingkungan desa yang belum mengerti tentang perjanjian pra-nikah dan workshop ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap tema yang dibawakan.

Sosialisasi ini menargetkan para anggota karang taruna yang berusia dewasa awal. Setelah dilakukan sosialisasi ini, didapatkannya positive feedback dari para anggota karang taruna tersebut dan diharapkan setelah dilakukan workshop ini awareness dari warga terkait perjanjian pra-nikah dapat meningkat.

Penulis: Rizky Ramadhan Ryadenata (Fakultas Hukum)
DPL: Rabith Jihan Amaruli, S.S., M.Hum.

#KKNtimIIperiode2022
#p2kknundip
#lppmundip
#undip