Pentingnya Melapor Tindakan Kekerasan! Kegiatan Penyuluhan Layanan Pengaduan Tindakan Kekerasan di RW 02 Kelurahan Semarang Barat

Semarang (10/08/2022), Keamanan serta kenyamanan merupakan hal penting bagi manusia. Hadirnya hal-hal tersebut dapat membawa kebahagiaan serta ketenangan bagi kehidupan sehari-hari, meskipun pada kenyataaanya sulit untuk didapatkan secara mudah. Dibutuhkan upaya yang lebih agar hal tersebut dapat didapatkan oleh seorang individu, salah satunya adalah dengan mengetahui serta mengatasi hal yang dapat menghambat pencapaian keamanan dan kenyamanan. Tindakan kekerasan merupakan salah satu tindakan yang dapat merusak kenyamanan serta kemanan seorang individu. Sayangnya tindakan tersebut masih marak terjadi di masyarakat Indonesia saat ini, terutama bagi anak dan juga perempuan.

Untuk menangani tindakan kekerasan yang terjadi pada anak serta perempuan, terdapat berbagai layanan yang sekarang sudah bisa diakses secara mudah oleh masyarakat. Untuk menyadarkan masyarakat akan informasi tersebut maka perlu diadakannya penyuluhan tentang layanan pengaduan kekerasan terhadap anak dan perempuan.

mpf-OUbapu-IYhc6m-SHOMu0-AVl-Wwdpd-HTLva-E-2ag-AGtr-Mk-WNq9-Wh-AG99-SItw0cx89-8w-w1200-h630-p

Penyuluhan dilaksanakan pada perkumpulan Ibu PKK RW 02 yang telah dilaksanakan pada hari Sabtu, 06 Agustus 2022 di jam 10:00 WIB hingga selesai. Kegiatan berjalan dengan lancer dan diterima secara antusias oleh para ibu-ibu perwakilan masing-masing RT. Kegiatan penyuluhan digabung dengan penyuluhan dari program kerja penyuluhan anggota kelompok KKN lainnya. Dampak yang diinginkan melalui penyuluhan program KKN ini adalah meningkatnya kesadaran masyarakat Bojongsalaman akan pentingnya untuk melapor tindakan kekerasan yang terjadi di lingkungan masyarakat agar dapat tercipta lingkungan yang aman dan nyaman.

86-q-Se-jhx-NATag-Lst-Ox1q-e-VIFse-J8-V-sq-Qk-8-E-Ljga7-CGY10ih-Ir-BXe6k-ND64s-MU-w1200-h630-p

Kegiatan penyuluhan diterima secara antusias, dengan banyaknya pertanyaan serta membagi pengalaman dan pengetahuan para ibu-ibu terkait pentingnya melapor tindakan kekerasan. Melalui penyuluhan ini maka diharapkan ibu-ibu PKK RW 02 dapat menjadi salah satu bagian yang menyadari akan pentingnya untuk melapor tindakan kekerasan, tanpa rasa takut akan merasakan dampak dari stigma negatif masyarakat.

Penulis : Abigail Monica Natali Manumpil – Administrasi Publik 2019
DPL : Marwini, S.HI., Lc., M.Si.
Lokasi : Kelurahan Bojongsalaman, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *