ANAK-ANAK DAN REMAJA ASET BANGSA!! JANGAN BIARKAN NARKOBA MERUSAK MASA DEPAN MEREKA

IMG-20220727-WA0057

Teluk, Demak (20/7/2022) – Narkoba adalah salah satu faktor terbesar rusaknya masa depan anak dan remaja. Bagaimana tidak, dampak yang dihasilkan dari penggunaan narkoba sangatlah berbahaya bagi anak dan remaja. Mulai dari Halusinasi, dehidrasi, gangguan perilaku, resiko penyakit menular, kerusakan ginjal hingga kematian.
Dari hasil survey yang telah dilakukan oleh mahasiswa tim KKN UNDIP di Desa Teluk, ditemukan kasus 1 warga Desa Teluk yang tertangkap memiliki Narkoba. Sehingga dalam hal ini, untuk mengantisipasi sebagai Langkah preventif atau pencegahan yang dapat dilakukan yaitu dengan mengadakan Sosialisasi Bahaya Narkoba kepada remaja dan anak-anak. Kegiatan ini dilakukan bersamaan dengan pembentukan posyandu remaja dengan cara sosialisasi secara langsung oleh mahasiswa KKN melalui media presentasi yang berisi informasi-informasi tentang bahaya narkoba.
Namun sebelum sosialisasi dilakukan, diberikan pretest kepada 11 peserta posyandu remaja untuk mengetahui sejauh mana pemahaman mereka tentang narkoba. Kemudian setelah dilakukan sosialisasi ini, peserta diminta mengerjakan posttest. Berdasarkan perbandingan skor sebelum dan sesudah sosialisasi didapatkan peningkatan rata-rata skor dari 30% menjadi 50% yang mana berarti para peserta lebih memahami dan mengerti tentang hal-hal yang berhubungan dengan narkoba. Setelah kegiatan sosialisasi ini, para peserta diberikan stiker tentang “STOP Narkoba” sebagai kenang-kenangan.

KKN TIM II UNDIP Desa Teluk
DPL : Dr. Ir. Martini, M.Kes
#kkntimiiperiode2022 #p2kkn
#lppmundip #undip