Pembukuan Mudah – Mahasiswa KKN TIM II Undip Ajak Pelaku UMKM di Kelurahan Pendrikan Lor Melakukan Pembukuan Digital Menggunakan Aplikasi “Buku Kas”

669726 Gambar 1. Foto bersama dengan beberapa peserta sosialisasi (Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Pendrikan Lor, Semarang Tengah (23/7/2022) – Di era revolusi industri 4.0 saat ini membuat tidak adanya batasan ruang dan waktu karena kemajuan teknologi. Kemajuan teknologi ini membuat semua orang berlomba – lomba untuk menjadi yang terbaik di bidangnya. Di bidang ekonomi, kemajuan teknologi yang terus berkembang mengharapkan semua pelaku usaha, tidak terkecuali para UMKM untuk meningkatkan kegiatan melalui digitalisasi seperti digitalisasi penjualan, pemasaran dan juga pembukuan. Dengan adanya digitalisasi ini diharapkan dapat membantu dan memudahkan kegiatan sehari-hari pelaku UMKM dikarenakan mudah digunakan, cepat dan dapat diakses di mana saja.

Di Kelurahan Pendrikan Lor terdapat satu jalan tepatnya di Jalan Abimanyu Raya yang di dalamnya terdapat banyak pelaku UMKM, seperti pedagang makanan dan minuman, toko sembako, dan pelaku usaha rumahan. Namun, para pelaku UMKM tersebut masih belum melakukan pembukuan usahanya. Oleh karena itu, Mahasiswa KKN TIM II Undip melangsungkan sosialisasi dan mengajak para pelaku UMKM untuk melakukan pembukuan digital menggunakan aplikasi “Buku Kas”.

669726 Gambar 2. Foto dengan pelaku usaha rumahan Dapur Rani (Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Sosialisasi ini kurang lebih dihadiri oleh 30 pelaku UMKM yang ada di Kelurahan Pendrikan Lor khususnya yang ada di RW 04. Di sosialisasi ini dijelaskan terlebih dahulu mengenai apa itu pembukuan, apa itu digitalisasi pembukuan, kemudian juga manfaat pembukuan, dilanjutkan dengan langkah – langkah menggunakan aplikasi “Buku Kas”, dan diakhiri dengan kelebihan dan kelemahan melakukan digitalisasi pembukuan menggunakan aplikasi “Buku Kas”. Akhir dari sosialisasi ini terdapat tanya jawab yang interaktif dengan peserta sosialisasi.

Penulis: Sekar Ayu Cahyaningtyas
DPL: Dr.Ir. Baginda Iskandar Moeda T., M.Si., IPM
Lokasi: Kelurahan Pendrikan Lor, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang