Sosialisasi Cara Positif Mengatasi Stres

Whats-App-Image-2022-08-12-at-9-49-46-PM

Sukorejo, Kota Semarang(29/07/2022)—Dannisa Firyal Alifah mahasiswi Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro, anggota KKN TIM II Universitas Diponegoro, pada kegiatan ini telah melaksanakan program kerja yang sesuai dengan latar belakang jurusannya berupa psikoedukasi yang bertemakan cara untuk mengatasi stres dengan judul Lets Cope Stres In a Good Way yang memiliki sasaran remaja. Kegiatan ini dilakukan pada lokasi RW 12, Kelurahan Sukorejo, Kota Semarang, Jawa Tengah. Kegiatan dilakukan pada pagi hari mulai pukul 10.33 hingga 11.10 WIB.

Whats-App-Image-2022-08-12-at-9-49-45-PM

Remaja merupakan kelompok usia yang tergolong rentan untuk mengalami kondisi tertekan, merasakan emosi negatif, dan sebagainya yang dapat menyebabkan stres. Keadaan stres pada seseorang dapat berdampak pada pikiran dan tubuhnya, sehingga perlu adanya pengetahuan untuk mengatasi hal buruk nantinya. Penulis mengusulkan program kerja berupa psikoedukasi terkait cara untuk mengatasi stres secara positif pada remaja. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengedukasi pemuda setempat tentang bagaimana pengelolaan stres atau emosi negatif yang dirasakan, sehingga dapat dikelola dengan cara yang tidak merusak. Psikoedukasi yang dilakukan berbentuk sosialisasi dan pembagian leaflet. Materi yang termuat di dalamnya meliputi pengertian stres, penyebab, jenis stres, cara mengatasi, dan terdapat mini game pada leaflet. Lebih dari 20 orang berpartisipasi dalam kegiatan ini dan dapat dikatakan antusias mereka cukup besar, hal ini dapat terlihat dari peserta memperhatikan materi yang disampaikan, membaca leaflet, dan pada sesi tanya jawab terdapat beberapa pertanyaan yang diajukan oleh peserta.

Whats-App-Image-2022-08-12-at-9-49-47-PM

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan remaja di RW setempat dapat melakukan regulasi emosi dan mengatasi stres dengan cara yang positif dan dapat membantu mengurangi efek buruk dari stres yang sedang dialami, dan memungkinkan individu dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan optimal dan produktif.

Penulis: Dannisa Firyal ALifh (Psikologi-Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro)
Dosen Pembimbing Lapangan : Prof. Dr. Meiny Suzery, MS.
Lokasi : Kelurahan Sukorejo, Kecamatan Gunung Pati, Kota Semarang.
KKN TIM II UNIVERSITAS DIPONEGORO TAHUN 2022