Anak Anda Sulit Makan Ikan? Mahasiswa KKN UNDIP TIM II Ini Beri Tips Agar Anda Menyukainya! Kenali Nugget Berbahan Dasar Ikan Lele Pencegah Stunting dan Pemenuhan yang Kaya akan Protein, Banyak Digemari Oleh Kalangan Anak Hingga Dewasa.

mono-1-dokumentasi-kegiatan

Banjardowo(24/07/2022) Indonesia diketahui sebagai negara yang memiliki garis Panjang pantai terbesar kedua setelah  kanada dengan total yaitu sepanjang 95.181 km dengan luas perairan laut mencapai 5,8 juta kilometer persegi. Namun pemanfaatan hasil maritime masih sedikit digunakan termasuk dalam konsumsi ikan yang masih rendah. Apabila kita melihat negara jepang yaitu negara yang dijuluki sebagai negara sushi dan banyaknya orang cerdas disana, hal itu membuat kita sebagai bangsa Indonesia menanyakan “mengapa di negara kita dengan laut yang besar sementara konsumsi protein ikan masih rendah?”. Fakta berdasarkan jurnal (L.Widjanti dan Zulaihah.,2006) Ikan mengandung protein, EPA, DHA tinggi, diperlukan untuk pembentukan sel otak dalam meningkatkan intelegensia. Mengkonsumsi ikan dan makanan laut lainnya selain menyehatkan juga meningkatkan kemampuan otak.

IMG-3830

Pemenuhan kebutuhan protein anak mengambil peran besar juga dalam pencegahan stunting. Stunting yaitu kondisi gagal tumbuh pada anak balita (bayi di bawah 5 tahun) akibat dari kekurangan gizi kronis sehingga anak terlalu pendek untuk usianya. Kekurangan gizi terjadi sejak bayi dalam kandungan pada masa awal setelah bayi lahir akan tetapi, kondisi stunting baru nampak setelah bayi berusia 2 tahun. Hal ini dapat dipengaruhi oleh berbagai macam faktor salah satunya kurangnya pemenuhan akan gizi protein. Sumber protein ikan yang memiliki kandungan zat gizi makro yang 100% local content dan memiliki TKDN tinggi. Posisi protein ikan menggeser kedudukan  protein kedelai dan susu yang lebih banyak impor serta kacang hijau dan susu yang selama ini digunakan dalam program pencegahan stunting. 

IMG-3848

Demonstrasi dan sosialisasi pembuatan nugget ini merupakan inovasi yang dilakukan untuk memvariasikan penyajian olahan ikan yang umumnya hanya digoreng atapun di sayur. Pembuatan nugget ikan lele dengan skala perbandingan yang tepat dapat tetap menjadi pemenuhan yang cukup untuk perkembangan anak. Sebelum  adanya pembagian hasil olahan  yaitu produk nugget dengan “ bahan dasar ikan lele” dilakukan demonstrasi pembuatan nugget dalam bentuk video yang dapat diakses langsung melalui youtube pemateri. Hal ini digunakan sebagai bentuk batasan dalam resiko penyebaran covid-19 sehingga tidak memungkinkan proses pembuatan nugget dilakukan di ruang terbuka.Tidak hanya itu, namun terdapat edukasi mengenai pentingnya memakan ikan pada anak.

IMG-3849

Kegiatan ini dilakukan di kelurahan Banjardowo, Bertepatan di kediaman RW.09 (Bpk. Mashyuri). Kegiatan ini dihadiri oleh kaderisasi FKK (Forum Kesehatan Keluarga) sebanyak 20 orang. Mereka antusias dan menyukai cita rasa dari hasil olahan nugget yang terasa lezat dan memperhatikan penjelasan secara seksama. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan agar adanya keinginan agar para orang tua untuk menyadari perannya protein ikan terhadap anak dan inovasi penyajian terbaru akan olah ikan.

Diharapkan dari kegiatan ini para orang tua lebih memperhatikan dan menekankan kebutuhan protein ikan pada anak dan dapat melakukan inovasi penyajian ikan dengan variasi dalam bentuk nugget, melalui pembuatan yang bahannya mudah ditemui dan juga mudah untuk pembuatannya.

Author : Siti Khodijah (Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan)

DPL : Agus Naryoso, S.sos., M.Si.

Lokasi KKN: Banjardowo, Genuk, Kota Semarang