Ajak Siswa SD Eksplor Kegiatan Positif, Mahasiswa KKN UNDIP Sosialisasikan Pencegahan Penggunaan Narkoba Sejak Usia Dini

Sriwedari, Pati (05/08/2022). Narkoba (Narkotika dan Obat-obatan berbahaya) atau NAPZA (Narkotika Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya) merupakan salah satu masalah berbahaya yang menghantui dunia remaja dan orang dewasa. Dampak negatif dari narkoba sangatlah banyak, mulai dari ketergantungan, rasa sakit akibat sakau (tidak mendapat asupan narkoba pada waktunya), gangguan saraf dan jantung, gangguan psikologis dan juga sanksi sosial. Begitu banyaknya efek negatif narkoba, sehingga bisa dipastikan orang yang memakai narkoba akan merusak masa depan dan karirnya. Godaan untuk mencoba narkoba terlebih lagi sangat kencang bagi anak dan remaja yang masih belum matang pikiran dan mentalnya. Mereka mudah tergoda orang sekitar dan mudah terprovokasi. Untuk itu, sejak dini anak-anak haruslah diberikan edukasi mengenai bahaya narkoba, jenis-jenisnya serta cara pencegahannya. Sehingga mereka tidak mudah terjerumus ke jebakan-jebakan dan godaan dengan berbagai modus.
IMG-20220722-1618431660349686455

Untuk menggalakkan gerakan ini, seorang mahasiswa KKN UNDIP bernama KKN UNDIP yaitu Egi Lela Yunisa dengan NIM 24020119120010, dari Jurusan Biologi, Fakultas Sains dan Matematika mengadakan program Sosialisasi Anti-Narkoba pada siswa SD N Sriwedari, Desa Sriwedari, Jaken, Pati, Jawa Tengah. Peserta terdiri atas 47 siswa, yaitu 13 siswa kelas IV, 15 siswa kelas V dan 19 siswa kelas VI. Sosialisasi dilakukan saat ekstrakulikuler pramuka yaitu hari Jumat, 5 Agustus 2022 jam 13.00 WIB s/d. 17.30 WIB.
1660349686390
1660349686489

Program diawali dengan pemberian materi mengenai pengenalan, jenis, dampak serta cara pencegahan narkoba. Setelah itu dilakukan pemutaran film pendek BNN dan film animasi anti-narkoba. Untuk menambah keceriaan dan semangat peserta, dilakukan juga beberapa permainan outdoor, ice breaking serta pemberian doorprize. Selama mengikuti kegiatan, siswa terlihat fokus dalam menyimak materi dan video, serta antusias saat bermain. Siswa yang awalnya sama sekali tidak mengetahui apa itu narkoba juga sudah bisa menjawab pertanyaan mengenai review materi dari mahasiswa di akhir penjelasan. Selain itu, dilakukan juga sosialisasi bahaya narkoba melalui penempelan pamflet di lingkungan sekolah dasar.
SAY-NO-TO-DRUGS1660349862108

Kepala Sekolah SD N Sriwedari 01, Ibu Puji Handayani, S.Pd.SD. menyampaikan bahwa program sosialisasi anti-narkoba bagi siswa SD sangatlah penting, karena anak usia dini umumnya tidak mengetahui mengenai narkoba dan bahayanya. Namun dengan sosialisasi ini, siswa mulai mengerti apa itu narkoba, dan diharapkan kedepannya mereka bisa melindungi diri dari jeratan obat terlarang ini serta menjadi insan yang berprestasi.

Penulis : Egi Lela Yunisa